Yuvenil

9 Ide Fotografi Bayi, Bisa Jadi Inspirasi Bunda!

Ketika sang buah hati terlahir ke dunia, pasti setiap orang tua ingin mengabadikannya. Tiap momen begitu berharga.

Namun masalah yang dihadapi Ayah Bunda adalah kurangnya keterampilan fotografi yang baik, dapat diterjemahkan menjadi gambar yang terlalu gelap, terlalu terang, buram,

tidak fokus, tidak terpusat, dan sebagainya. Oleh karena itu mencari inspirasi fotografi bayi di internet dan sosial media menjadi salah satu pilihan.

Saat ini banyak konsep photoshoot baby yang bisa dilakukan di rumah. Semua tergantung dari kreativitas orang tua untuk mewujudkan foto newborn yang bagus, unik dan estetik.

Konsep Foto Bayi Baru Lahir

konsep-foto-bayi-baru-lahir
konsep foto bayi baru lahir

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

 

 

Berikut adalah konsep foto bayi baru lahir yang bisa jadi inspirasi Bunda untuk si kecil:

1. Foto Bayi Tidur Lucu

foto-bayi-tidur-lucu
Foto Bayi Tidur Lucu

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

 

Newborn baby pada umumnya masih sering tidur. Jadi bisa dimanfaatkan untuk pose foto bayi tidur lucu. Apalagi ketika bayi tidur, Anda bisa dengan mudah memotretnya.

Agar bayi tidur dengan nyenyak dan tidak terbangun-bangun, sebelum photoshoot baby Bunda susui dahulu hingga si bayi merasa kenyang.

Setelah tidur dengan pulas, letakkan bayi di set foto yang Bunda sudah persiapkan.

Lalu cepat abadikan moment si kecil sedang tertidur dengan berbagai kostum dan tema yang unik.

Bunda bisa memakaikan bando sebagai pemanis jika bayi perempuan atau aksesoris lain untuk bayi laki-laki.

Ada berbagai ide yang bisa dilakukan ketika bayi tidur misal dengan melilitkan bayi dengan kain atau dengan menaruhnya di keranjang seperti sarang burung.

Dengan posisi tengkurap atau sedang menopang dagu akan membuat gambar anak terlihat sempurna.

2. Konsep Foto Bayi Baru Lahir Black and White

konsep-foto-bayi-baru-lahir-black-and-white
Konsep Foto Bayi Baru Lahir Black and White

Bagi Bunda yang menyukai tema klasik, bisa dicoba ide photoshoot bayi di rumah dengan tema foto hitam putih atau B/W. Konsep ini tidak akan pernah salah dan tidak lekang oleh zaman.

Foto black and white memberi kesan yang dramatis, memiliki cerita tersendiri, dan lebih mempunyai karakter. Konsep unik seperti ini bisa diterapkan untuk tema

photoshoot bayi sederhana.

3. Foto Bayi Imut dengan Tema Benda Langit

foto-bayi-imut
Foto-bayi-imut

Konsep foto bayi di rumah dengan berbagai tema bisa dicoba, salah satunya dengan tema benda langit. Untuk properti, Bunda bisa membeli bantal berbentuk bulan dan bintang.

Bisa dicari dengan mudah di marketplace. Atau jika ingin berkreasi, bisa dengan lebih banyak menggunakan properti unik.

Seperti membuat awan dari kapas. Sangat menyenangkan jika Bunda bisa mengeluarkan semua hal yang ada di pikiran agar hasilnya juga lebih maksimal.

Dijamin Anda akan puas dengan ide menarik ini.

Photoshoot Bayi Perempuan

photoshoot-bayi-perempuan
Photoshoot Bayi Perempuan

Konsep foto bayi perempuan biasa bisa lebih banyak menggunakan berbagai aksesoris yang lucu dibanding konsep foto bayi laki-laki. Namun bukan berarti bayi laki-laki tidak bisa dijadikan foto bayi yang lucu.

Baca juga:  Cara Menjadi Ibu yang Baik, Bunda Pasti Bisa

1. Pose Bayi Baru Lahir Ala Berdandan

fotografi-bayi
fotografi bayi

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

 

Pose bayi baru lahir ala berdandan sangat cocok untuk bayi perempuan. Bunda bisa melakukan photoshoot bayi perempuan ini sendiri di rumah dengan memakai

properti alat make up yang biasa digunakan, seperti lipstik, blush on, kuas, bedak dan cermin. Ditambah dengan hiasan bunga untuk makin mempercantik set.

Bunda bisa mendadani bayi perempuan dengan memakaikan handuk di kepalanya. Sesi foto yang dilakukan sendiri di rumah bisa bagus dan keren hasilnya.

Bunda bisa memajang gambar si buah hati di halaman sosial media dan untuk koleksi foto si kecil.

2. Foto Bayi Lucu Perempuan Berhijab

foto-bayi-lucu-perempuan
Foto Bayi Lucu Perempuan

Ide Photoshoot bayi perempuan lainnya yaitu photoshoot bayi perempuan islami apalagi ketika memakai hijab memang sangat menggemaskan. Secara tidak langsung,

dengan photoshoot bayi berhijab, orang tua mengajarkan kepada anak perempuannya untuk memakai hijab ketika sudah besar nanti.

Selain itu inspirasi foto baby newborn ini memang sangat unik dan diminati banyak orang tua untuk menjadi tema pemotretan.

Untuk kostum photoshoot bayi perempuan islami, bisa baju busana muslim atau mukena khusus untuk bayi newborn. Jika susah mencarinya, Bunda bisa menjahit sendiri karena baju untuk baby tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan banyak bahan.

Di photoshoot bayi perempuan islami, Bunda bisa menambahkan properti pendukung misalnya dengan menambahkan Al-quran, tasbih, dan sajadah.

3. Foto Bayi Perempuan di Taman Bunga

foto-bayi-perempuan
Foto Bayi Perempuan

Jika mempunyai bayi perempuan, ada banyak konsep foto bayi perempuan unik dan menarik yang bisa dilakukan, salah satunya adalah foto bayi perempuan di taman bunga.

Bunda bisa menambahkan bunga-bunga cantik dan daun-daun untuk properti. Konsep fotografi bayi seperti ini akan membuat gambar bayi lucu dan menggemaskan.

Sangat sayang jika Bunda tidak pamerkan di sosial media bukan?

Photoshoot Bayi Laki-Laki

1. Photoshoot Bayi Laki Laki Islami

Photoshoot-bayi-laki-laki-islami
Photoshoot bayi laki laki islami. Source : instagram.com/ cle_babyphoto

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

 

Photoshoot bayi laki laki islami banyak diminati parents. Mereka ingin menanamkan nilai agama sejak dari bayi. Dengan konsep foto bayi laki-laki, si anak akan

memakai gamis atau baju koko yang sangat imut jika dipakai. Properti yang digunakan untuk tema islami ini adalah sorban, sajadah, kopiah, tasbih dll.

Bisa Bunda tambahkan dengan properti lain yang masih masuk dengan tema agar lebih maksimal hasilnya.

2. Fotografi Bayi Laki Laki dengan Tema Olahraga

photoshoot-bayi-laki-laki
photoshoot bayi laki laki. Source : instagram.com/ rittarrajagukguk

Parents biasanya bingung menentukan tema untuk photoshoot bayi laki laki. Biasanya untuk anak perempuan lebih banyak macam tema.

Padahal jika digali, banyak loh konsep photoshoot bayi untuk laki-laki. Salah satunya adalah tema olahraga.

Seperti foto baby putra Rafi Ahmad yang mengambil tema sepak bola. Selain itu Bunda juga bisa memanfaatkan alat olahraga yang ada di rumah seperti sepeda, barbel, dsb.

3. Foto Bayi Laki Laki Tema Gadget

foto-bayi-laki-laki
foto bayi laki laki. Source : instagram.com/ rittarrajagukguk

Banyak yang tidak menyangka bahwa gadget bisa menjadi salah satu ide fotografi bayi lho! Apalagi gadget memang identik dengan laki-laki. Jadi gambar bayi laki-laki

dengan tema gadget pun bisa jadi pilihan tema foto bayi laki laki . Bunda bisa memakai laptop, HP pintar, meja sebagai properti untuk photoshoot bayi laki-laki.

Baca juga:  Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Harga Photoshoot Bayi

Untuk Bunda dan Ayah yang tidak sempat melakukan pemotretan sendiri di rumah, tenang saja. Ada banyak studio foto yang menyediakan jasa fotografi bayi ini.

Harganya beragam tergantung dari paket yang Bunda pilih. Rata-rata harga photoshoot bayi berkisar antara Rp.1.500.000 – Rp.3.500.000.

Tergantung dari berapa tema yang Bunda pilih. Karena dengan banyak tema, maka akan lebih banyak kostum dan properti yang dipakai. Sesi foto pun akan lebih lama.

Jumlah foto yang dicetak juga menentukan harga. Bunda bisa mencari fotografer bayi terdekat di kota And. Carilah yang sudah bersertifikat

Tips Fotografi Bayi

 photoshoot-baby
photoshoot baby

Untuk parents yang ingin memotret buah hatinya tetapi tidak tahu cara foto shoot bayi yang bagus. Berikut adalah tips fotografi bayi yang bisa dicoba di rumah:

1. Tentukan dahulu tema yang ingin Bunda usung untuk photoshoot bayi sederhana. Jika sudah tahu tema apa yang akan diterapkan, akan mudah bagi Bunda untuk

menyiapkan berbagai properti pendukung. Contohnya jika ingin mengangkat tema  di taman bunga, maka propertinya adalah berbagai jenis bunga,

daun-daun, pot, hiasan lucu dan sebagainya.

2. Jika sudah menentukan konsepnya, maka persiapkan kostumnya. Bunda bisa mencarinya di market place karena ada banyak pilihan

kostum yang menarik dan unik di sana. Atau jika Bunda punya keterampilan menjahit, bisa membuat sendiri kostum yang diinginkan sesuai tema photoshoot baby.

3. Pilihlah waktu yang tepat untuk memotret bayi. Bunda yang paling tahu kapan bayi merasa paling nyaman, tenang dan tidak rewel. Usahakan ketika bayi sedang tidur terlelap

agar mudah melakukan sesi pemotretan. Dan diusahakan bayi sudah disusui hingga kenyang agar tidak rewel.

4. Perhatikan pencahayaan yang tepat. Salah satu kesalahan krusial dalam fotografi bayi adalah pencahayaan yang tidak tepat, entah terlalu terang atau gelap.

Menurut beberapa fotografer bayi  waktu yang paling tepat untuk mendapatkan cahaya alami adalah pukul 8-10 pagi.

5. Untuk orang tua yang masih pemula dan awam dalam melakukan baby photoshoot, lakukanlah photoshoot bayi sederhana. Dengan pose bayi yang tidak terlalu susah

misal pose berbaring ketika sedang tidur. Untuk gaya yang sulit biasanya harus dilakukan oleh fotografer profesional yang sudah bersertifikat khusus.

Selain mempersiapkan foto untuk buah hati tercinta,Bunda juga bisa melakukan photoshoot ketika kehamilan. Bisa dibaca konsep maternity unik yang cocok untuk Bunda

yang ingin mengabadikan momen kehamilannya.

 

Kesimpulan

 photoshoot-bayi-sederhana
photoshoot bayi sederhana

Fotografi bayi bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Apalagi jika tidak mempunyai budget khusus untuk melakukannya di studio foto.

Ada berbagai konsep yang bisa dipraktekkan di rumah. Lakukanlah gaya yang sederhana untuk orang tua pemula, agar tidak membahayakan keamanan bayi

jika melakukan pose.

Pengalaman melakukan foto shoot bayi bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan untuk orang tua. Kelak ketika anak sudah besar, dia akan melihat newborn photoshoot dirinya

dan menjadi kenangan bagi orang tua yang tidak pernah terlupakan.

Selain mengurus photoshoot baby, ada baiknya Bunda juga memperhatikan perlengkapan bayi yang bisa saja terlewat. Cek daftar perlengkapan bayi baru lahir ya Bunda!

Bagikan
, , , , , , , , , , , , , , ,

11 komentar untuk “9 Ide Fotografi Bayi, Bisa Jadi Inspirasi Bunda!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.