Yuvenil

Tips Mencicil Perlengkapan Bayi

Mempersiapkan perlengkapan bayi adalah hal yang sangat penting bagi orang tua yang akan memiliki bayi.
Namun, membeli semua perlengkapan bayi sekaligus dapat sangat membebani keuangan keluarga.

Oleh karena itu, mempelajari cara mencicil pembelian perlengkapan bayi menjadi salah satu solusi yang dapat membantu orang tua menghemat pengeluaran.

perlengkapan-bayi-baru-lahir-anti-mubazir
Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir

Ada beberapa tips mencicil perlengkapan bayi yang dapat dilakukan, mulai dari membuat rencana anggaran, membuat daftar perlengkapan bayi dan jumlahnya, hingga memilih barang bekas atau menyewa perlengkapan bayi.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, orang tua dapat memenuhi kebutuhan perlengkapan bayi tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar dan membebani keuangan keluarga.

Berikut adalah beberapa tips mencicil perlengkapan bayi yang dapat menjadi referensi bagi orang tua yang sedang mempersiapkan kebutuhan bayinya

Buat Rencana Anggaran

membuat-rencana-anggaran
membuat rencana anggaran

Tentukan Prioritas Perlengkapan Bayi yang Paling Dibutuhkan

Menentukan prioritas perlengkapan bayi yang paling dibutuhkan adalah langkah awal yang penting dalam tips mencicil perlengkapan bayi.

Berikut adalah beberapa perlengkapan bayi yang menjadi prioritas utama:

Tempat Tidur Bayi

box-bayi
box bayi

Beli di Shopee

Tempat tidur bayi menjadi prioritas utama karena bayi akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur. Pilihlah tempat tidur bayi yang nyaman dan aman untuk bayi.

Pakaian Bayi

baju-bayi-lengan-panjang

Beli di Shopee

Pakaian bayi juga menjadi prioritas utama karena bayi memerlukan pakaian yang bersih dan nyaman. Pilihlah pakaian bayi yang mudah dipakai dan dicuci.

Popok

popok-bayi
popok bayi

Beli di Shopee

Popok menjadi perlengkapan bayi yang sangat penting karena bayi akan menggunakannya setiap saat. Pilihlah popok yang sesuai dengan usia dan berat bayi serta nyaman digunakan.

Makanan dan Perlengkapan Makan

piring-bayi
piring bayi

Beli di Shopee

Jika Bunda tidak menyusui, botol susu, dot, dan formula menjadi prioritas utama. Selain itu, peralatan makan seperti sendok dan mangkuk bayi juga perlu dipersiapkan.

Kursi Mobil Bayi

car-seat
car seat

Beli di Shopee

Jika Bunda memiliki mobil, kursi mobil bayi menjadi prioritas utama. Kursi mobil bayi yang aman dapat melindungi bayi saat bepergian dengan mobil.

Memiliki prioritas dalam membeli perlengkapan bayi dapat membantu Bunda untuk fokus pada hal-hal yang paling penting dan meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu.

Hitung Biaya yang Dibutuhkan untuk Setiap Item

Setelah menentukan prioritas perlengkapan bayi, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya yang dibutuhkan untuk setiap item. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghitung biaya perlengkapan bayi:

Baca juga:  4 Cara Agar Bayi Cerdas dan Aktif, Yuk Praktekkan di Rumah

Bandingkan harga: Bandingkan harga perlengkapan bayi dari beberapa toko atau online shop untuk mendapatkan harga terbaik.

Perhatikan kualitas: Perhatikan kualitas produk dan pastikan perlengkapan bayi yang dibeli aman dan nyaman digunakan untuk bayi.

Pilih produk yang dapat digunakan dalam waktu yang lama: Pilih perlengkapan bayi yang dapat digunakan dalam waktu yang lama, seperti tempat tidur bayi yang dapat diubah menjadi tempat tidur anak.

Hitung biaya jangka panjang: Selain menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan bayi, hitung juga biaya jangka panjang seperti biaya perawatan dan perbaikan.

Dalam menghitung biaya perlengkapan bayi, pastikan untuk mengalokasikan anggaran dengan bijak dan jangan sampai melebihi kemampuan finansial keluarga.

Buat Rencana Anggaran Bulanan

rencana-anggaran-bulanan
rencana anggaran bulanan

Berikut adalah contoh rencana anggaran bulanan untuk mencicil pembelian perlengkapan bayi:

Tempat tidur bayi: Biaya tempat tidur bayi berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Jika ingin mencicil selama 6 bulan, maka anggaran bulanan yang dibutuhkan berkisar antara Rp 83.333 hingga Rp 333.333.

Pakaian bayi: Biaya pakaian bayi berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Jika ingin mencicil selama 3 bulan, maka anggaran bulanan yang dibutuhkan berkisar antara Rp 66.666 hingga Rp 166.666.

Popok: Biaya popok berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per bulan tergantung pada jenis dan merek popok yang dipilih.

Makanan dan perlengkapan makan: Biaya makanan dan perlengkapan makan tergantung pada apakah Bunda menyusui atau menggunakan formula. Jika menggunakan formula, biaya formula berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per bulan.

Selain itu, biaya perlengkapan makan seperti botol susu, dot, dan sendok bayi berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Kursi mobil bayi: Biaya kursi mobil bayi berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Jika ingin mencicil selama 6 bulan, maka anggaran bulanan yang dibutuhkan berkisar antara Rp 83.333 hingga Rp 333.333.

Total biaya bulanan untuk mencicil pembelian perlengkapan bayi tergantung pada jenis dan merek produk yang dipilih.

Namun, dengan rencana anggaran bulanan di atas, Bunda dapat memiliki gambaran tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan bayi dan mencicilnya selama beberapa bulan.

Cari Diskon dan Promo

promo

Tips mencicil perlengkapan bayi berikutnya yaitu mencari diskon dan promo pada pembelian perlengkapan bayi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

Langganan newsletter: Langganan newsletter dari toko perlengkapan bayi favorit Anda bisa memberikan informasi mengenai diskon dan promo terbaru.

Baca juga:  8 Kado Untuk Ibu Melahirkan Yang Bermanfaat

Pantau media sosial: Pantau media sosial toko perlengkapan bayi untuk mendapatkan informasi mengenai promo yang sedang berlangsung.

Gunakan aplikasi diskon: Ada beberapa aplikasi diskon seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak yang memberikan promo khusus untuk produk perlengkapan bayi.

Membeli di periode promo besar: Pada periode promo besar seperti Harbolnas, Harbolnas Mother and Baby, 11.11, dan 12.12, toko online sering memberikan diskon dan promo yang cukup besar.

Bandingkan harga: Bandingkan harga perlengkapan bayi dari beberapa toko online atau toko fisik untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Tanyakan kepada teman atau keluarga: Tanyakan kepada teman atau keluarga yang memiliki anak untuk merekomendasikan toko yang memberikan diskon atau promo pada perlengkapan bayi.

Dengan mencari diskon dan promo, Bunda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli perlengkapan bayi dan tetap mendapatkan produk berkualitas.

Namun, pastikan untuk memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku pada setiap promo yang diberikan.

Pilih Barang Bekas atau Sewa

Ketika memutuskan antara membeli barang bekas atau menyewa perlengkapan bayi, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti:

Biaya: Jika anggaran terbatas, membeli barang bekas atau menyewa bisa menjadi pilihan yang lebih hemat dibandingkan membeli barang baru.
Kondisi barang: Jika memutuskan untuk membeli barang bekas, pastikan untuk memeriksa kondisi barang secara detail dan memastikan bahwa barang masih dalam kondisi baik dan aman digunakan.

Waktu penggunaan: Jika waktu penggunaan perlengkapan bayi hanya singkat atau hanya digunakan untuk beberapa bulan saja, menyewa bisa menjadi pilihan yang lebih efisien daripada membeli barang baru atau bekas.

Keamanan: Pastikan untuk membeli atau menyewa perlengkapan bayi dari tempat yang terpercaya dan memastikan barang aman dan tidak mengancam keselamatan bayi.

Preferensi pribadi: Pilihan antara membeli barang bekas atau menyewa juga bisa dipengaruhi oleh preferensi pribadi. Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman menggunakan barang bekas, sementara yang lain mungkin memilih untuk menyewa agar dapat menggunakan barang berkualitas tinggi tanpa harus membayar harga penuh.

Dalam memilih antara membeli barang bekas atau menyewa, tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Jika ingin membeli barang bekas, pastikan untuk memeriksa kondisi barang dan membeli dari tempat yang terpercaya.
Jika memilih menyewa, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan penyewaan dengan teliti dan memastikan keamanan barang sebelum digunakan.

Kesimpulan

setelan-baju-bayi
setelan baju bayi

Mengikuti tips mencicil perlengkapan bayi, penting untuk menentukan prioritas barang yang paling dibutuhkan, menghitung biaya yang dibutuhkan untuk setiap item, dan membuat rencana anggaran bulanan.

Selain itu, mencari diskon dan promo juga dapat membantu menghemat pengeluaran.

Pilihan antara membeli barang bekas atau menyewa perlengkapan bayi tergantung pada prioritas masing-masing pribadi, serta harus memperhatikan faktor biaya, kondisi barang, waktu penggunaan, keamanan.

Bagikan
, , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *