Yuvenil

Cemilan untuk Ibu Setelah Melahirkan

Memilih cemilan untuk Ibu setelah melahirkan sangat penting, terutama mencari jenis makanan ringan yang dapat membantu memulihkan kembali stamina fisik dan mental.

Tidak hanya memikirkan tentang cita rasa saja, tapi seorang Ibu yang baru melahirkan juga harus mempertimbangkan kandungan gizi.

cemilan-ibu-menyusui
cemilan ibu menyusui

Apalagi usai melahirkan Ibu akan dihadapkan pada momen memberi ASI sehingga tidak boleh sembarang memilih cemilan.

Mungkin masih banyak yang tidak tahu kalau ternyata wanita yang baru melahirkan tidak melulu harus makan sayur dan buah.

Tidak masalah kok jika ingin mengkonsumsi cemilan asalkan masih ada gizinya. Buat yang belum tahu apa saja cemilan untuk Ibu menyusui yang baru melahirkan, bisa baca ulasan berikut ini, ya.

Cemilan Ibu Menyusui

Untuk Ibu yang baru saja melahirkan memang membutuhkan cemilan ibu menyusui yang sehat. Tapi, bukan berarti tidak bisa menikmati cemilan enak.

Terlebih cemilan terbukti dapat membuat suasana hati sang ibu menjadi lebih baik. Beberapa pilihan cemilan ibu menyusui yang memiliki kandungan gizi yang baik diantaranya sebagai berikut:

Kacang-Kacangan

Rekomendasi pertama jatuh pada kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, kalsium, dan magnesium yang baik.

Salah satunya adalah jenis cemilan kacang almond untuk Ibu menyusui karena dapat merangsang produksi ASI dengan kandungan laktogeniknya.

Tidak hanya membantu produksi ASI, tapi kacang almond mengandung lemak sehat yang tinggi.
Dengan kandungan tersebut maka akan membantu Ibu tetap menjaga berat badan dan kadar gula darah dalam tubuh.

Aneka Frozen Food

Cemilan untuk ibu setelah melahirkan berikutnya adalah aneka frozen food dengan bahan sayur-sayuran. Banyak yang mengira kalau frozen food tidak baik untuk Ibu yang baru melahirkan.

Namun, ada beberapa jenis frozen food yang bisa menjadi pilihan tepat untuk makanan ringan, berikut ini contohnya.

Risoles Frozen

Jenis frozen food pertama yang aman dijadikan sebagai cemilan untuk Ibu menyusui adalah risoles. Makanan dengan isian sayur atau daging asap yang dibalut kulit ini dapat dikatakan sehat karena tidak mengandung pengawet.

risoles
risoles

Bisa dijadikan cemilan praktis ketika ibu menyusui sedang kelaparan atau ingin ngemil di malam hari. Sangat mudah tinggal goreng. Mau yang isian sayur ataupun daging asap mayones, semua bisa dikonsumsi ibu menyusui.

Pastel Frozen

pastel
pastel

Jenis lain dari gorengan favorit sejuta umat adalah pastel frozen yang bisa menjadi pilihan cemilan ibu menyusui. Jenis isian sayur dan telur rebus dapat menjadi pilihan tepat agar tetap dapat memberikan gizi yang baik bagi sang Ibu.

Baca juga:  10 Perlengkapan Bayi yg Harus Disiapkan Menjelang Kelahiran, Jangan Sampai Terlewat!

Kebab Frozen

kebab
kebab

Selanjutnya kebab frozen juga dapat menjadi pilihan cemilan untuk ibu setelah melahirkan. Apalagi kebab berisi daging dan sayuran. Jadi sudah lengkap untuk makanan selingan.

Frozen food selain dapat menyelamatkan ibu di jam-jam lapar tetapi juga bisa menjadi alternatif ketika Bunda harus menyiapkan bekal anak sekolah tetapi di sisi lain masih repot dengan mengurus bayi.

Susu dan Produk Olahan Susu

 

cemilan-sehat-ibu-menyusui.
cemilan sehat ibu menyusui

Susu adalah cemilan yang cocok untuk Ibu menyusui, bahkan tidak jarang menjadi menu wajib dari masa hamil. Jika melihat dari kandungannya, susu memiliki nutrisi yang lengkap.

Diantaranya kalsium, vitamin, hingga protein. Kemudian ada juga produk susu yang menambahkan ekstra buah-buahan khusus agar gizi ikut bertambah.

Dengan kandungan tersebut maka akan memberikan dampak pada kualitas ASI dan kesehatan si ibu. Mulai dari memperlancar produksi ASI hingga memulihkan kembali stamina Ibu yang baru selesai melahirkan.

Tidak hanya susu murni saja, tapi cemilan dari olahan susu juga bisa menjadi alternatif cemilan untuk ibu setelah melahirkan. Seperti keju, yogurt, es krim, kefit, mentega, dan lainnya juga tergolong cemilan sehat untuk ibu menyusui.

Telur Rebus

Siapa yang tidak tahu dengan cemilan paling bergizi satu ini, yaitu telur rebus. Kandungan gizinya lengkap, harga terjangkau, dan cara membuatnya pun mudah. Maka tidak ada alasan untuk melewatkan telur rebus sebagai salah satu cemilan sehat ibu menyusui.

telur-rebus
telur rebus

Kandungan utama yang terdapat dalam telur rebus adalah protein tinggi yang berasal dari bagian putihnya. Protein dalam telur dapat membuat produksi hati lancar dan mengembalikan sel-sel tubuh sehingga stamina bisa pulih lebih cepat.

Buat para Ibu yang memiliki ketakutan berat badan naik pasca melahirkan juga disarankan untuk mengkonsumsi telur rebut. Pasalnya cemilan satu ini rendah kalori sehingga tidak akan menimbun banyak lemak.

Yogurt dengan Buah dan Granola

 

cemilan-yang-cocok-untuk-ibu-menyusui
cemilan yang cocok untuk ibu menyusui

Yogurt adalah olahan susu fermentasi dari bakteri baik yang memiliki cita rasa asam. Saat ini sudah banyak yang menjadi yogurt menjadi produk siap santap dengan berbagai rasa.

Ternyata, yogurt termasuk salah satu makanan ringan yang aman untuk ibu hamil juga, loh.

Yogurt salah satu cemilan yang cocok untuk ibu menyusui karena selain enak juga kandungannya kaya dengan gizi. Pertama dapat menjadi ASI booster bagi, kemudian menjaga kesehatan tulang hingga menjaga kulit tetap ternutrisi.

Dengan ditambahkan buah atau granula akan menambah kandungan nutrisi di dalamnya.

Dark Chocolate

 

Baca juga:  Pekerjaan yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda
dark-chocolate
dark chocolate

Apakah kamu sedang bingung mencari cemilan malam ibu menyusui yang bergizi? Dark Chocolate adalah jawaban untuk permasalahan tersebut.

Bagi para Ibu yang gemar makan coklat, tenang saja karena usai melahirkan tetap dibolehkan makan coklat kok.
Hanya saja jenis yang disarakan adalah dark chocolate karena mengandung antioksidan yang baik untuk memulihkan imunitas pasca melahirkan.

Lebih jauh lagi, coklat juga terbukti efektif untuk mengurangi perasaan stress pada Ibu yang baru melahirkan atau sedang menyusui.

Buah-buahan

Cemilan malam ibu menyusui berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah buah-buahan. Makanan satu ini tentu tidak boleh terlewatkan karena memiliki sejuta manfaat.

Namun, untuk Ibu hamil ada beberapa buah yang harus dipantangkan karena dapat mengganggu kualitas ASI. Jika ingin mengkonsumsi buah maka bisa memilih jeruk, pepaya, alpukat, dan semangka yang relatif aman untuk lambung.

Selain itu, buah-buahan di atas juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk Ibu baru melahirkan. Ibu baru melahirkan tentunya banyak menghabiskan tenaga dan membutuhkan recovery energi dengan cepat, salah satunya dengan asupan vitamin dari buah.

Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup unik karena teksturnya tidak seperti buah lain. Ternyata kurma juga dapat menjadi pilihan cemilan ibu menyusui yang dapat mendorong produksi ASI pada Ibu yang baru melahirkan.

Rasanya yang manis juga akan membantu untuk membuat pikiran rileks. Nutrisi khusus yang terkandung di dalam kurma diantaranya adalah zat besi dan vitamin B6.

Bubur Kacang Hijau

Ingin mencari variasi cemilan ibu menyusui buat pagi hari? Bubur kacang hijau adalah jawaban yang paling tepat. Sejak dahulu, kacang hijau sudah terkenal dengan khasiatnya yang membantu memulihkan kondisi pasca melahirkan.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bubur kacang hijau diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat mangan, kalium, kalori, fosfor, dan lainnya.

Lengkapnya nutrisi dalam bubur kacang hijau ternyata juga memberi manfaat untuk booster ASI dan mencegak naiknya tekanan darah. Menjadikan kacang hijau sebagai cemilan juga cocok loh untuk Ibu baru melahirkan yang ingin defisit kalori tapi tetap sehat.

Namun, sebaiknya ketika memasak bubur kacang hijau hindari penggunaan santan. Pasalnya santan dapat membuat kolesterol naik dan juga tidak baik untuk ASI.

Kesimpulan

cemilan-untuk-ibu-setelah-melahirkan
cemilan untuk ibu setelah melahirkan

Pentingnya makanan sehat bagi Ibu melahirkan salah satunya dengan memilih cemilan sehat.
Uraian mengenai cemilan untuk Ibu hamil setelah melahirkan di atas dapat menjadi referensi untuk para Ibu baru yang bingung mencari makanan ringan.

Makanan ringan yang sehat tidak hanya membantu meningkatkan kualitas kesehatan, tapi juga bisa mengurangi perasaan stress.

Memberikan cemilan sehat bisa juga lho kita jadikan hantaran ketika mengunjungi teman atau saudara yang baru melahirkan.  Selain makanan sehat untuk ibu menyusui, dapatkan referensi hadiah lain untuk ibu melahirkan di sini.

Bagikan
, , , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *