Yuvenil

Masuk
  • 00
  • 00
  • 00
  • 00

Dapatkan kode kupon DISKON 10%

Klik di Sini

Dapatkan Diskon 10% dengan memasukan kode kupon: "WELCOME10" saat pembayaran

Selengkapnya

Ketentuan Promo Kode Kupon WELCOME10

1. Kode kupon ‘WELCOME10” adalah diskon 10% untuk pembelian pertama.
2. Kode kupon berlaku sekali pemakaian untuk setiap pengguna.
3. Kode kupon tidak bisa digunakan berbarengan dengan kode kupon lainnya.
4. Kode kupon tidak berlaku untuk produk yang sedang Sale
5. Kupon hanya berlaku jika tidak ada produk yang sedang Sale di dalam keranjang belanja.
6. Kode kupon hanya berlaku untuk Subscribers yuvenil.com

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan, Kenali Perbedaannya!

Menjelang usia kehamilan ke 36 minggu, Bunda harus sudah mulai mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan.
Lebih baik Bunda dan suami mempersiapkan kelengkapannya agar ketika hari kelahiran tiba, Bunda tidak panik.
Semua sudah dipersiapkan dengan matang dan dimasukkan ke dalam tas perlengkapan bayi.

 daftar-persiapan-persalinan
Daftar Persiapan Persalinan

Namun terkadang Bunda bingung barang yang harus dibawa saat persalinan. Terutama ibu baru yang baru pertama kali hamil. Selain itu Bunda juga harus memikirkan akan melahirkan di mana.

Melahirkan di bidan sendiri tentu agak berbeda dengan melahirkan di rumah bersalin lain. Jika Bunda memutuskan untuk melahirkan secara normal, maka lebih nyaman melahirkan di bidan.
Kecuali jika ada komplikasi tertentu saat persalinan, Bunda harus dirujuk untuk persalinan secara caesar. Selain itu biaya melahirkan di bidan lebih terjangkau.

Oleh karena itu, jika bunda memutuskan untuk melahirkan di bidan maka mulailah membuat perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan
karena untuk jumlah perlengkapannya pun berbeda. Berikut daftarnya:

Daftar Perlengkapan Persalinan Untuk Ibu

Daftar-Perlengkapan-Persalinan-Untuk-Ibu
Daftar Perlengkapan Persalinan Untuk Ibu

Baju Untuk Melahirkan

Baju untuk melahirkan ini biasanya kita membawa sendiri dari rumah. Bawalah 3-4 potong baju melahirkan yang nyaman untuk Bunda. Jika atasan, pilihlah yang memiliki kancing depan
agar memudahkan Bunda ketika harus menyusui bayi. Apabila Bunda lebih nyaman memakai daster, juga boleh dibawa.

 

baju-untuk-melahirkan
Baju Untuk Melahirkan

Malah lebih praktis karena bunda tidak perlu lagi membawa bawahan. Tetapi tetap daster dengan kancing di depan ya Bunda.

Sarung/ Kain

Jika Bunda memakai atasan, maka sebaiknya untuk bawahan tidak memakai celana. Bawalah sarung atau kain agar lebih mudah memakainya dan tidak sakit ke bagian tertentu di badan Bunda. Selain itu dengan memakai sarung, Bidan juga lebih mudah melakukan pemeriksaan. Bawalah 5-6 potong karena takutnya cepat kotor terkena darah nifas misalnya.

Pembalut Nifas

Pembalut nifas ini merupakan salah satu perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan. Biasanya pembalut ibu melahirkan ukurannya lebih panjang dan lebar
karena setelah melahirkan, darah nifas akan keluar sangat banyak.

pembalut-nifas
Pembalut Nifas

Tanyakan terlebih dahulu apakah pihak bidan menyediakan pembalut nifas ini. Karena ada beberapa bidan yang sudah menyediakan pembalut nifas jadi kita tidak perlu repot lagi membelinya.
Jika tidak maka Bunda harus membelinya dalam jumlah yang agak banyak sebelum persalinan.

Ada banyak pembalut bersalin terbaik yang bisa Bunda pilih. Bunda bisa tanyakan ke teman atau saudara Bunda yang lebih berpengalaman.
Belilah 1 pack pembalut nifas isi 20 untuk di bidan saja. Jika Bunda ingin membeli lebih untuk persediaan di rumah juga boleh. Tetapi untuk di bidan sebaiknya bawa 1 pack saja.

Bra Menyusui

 bra-menyusui
Bra Menyusui

Bra menyusui ini penting dibawa agar memudahkan bunda ketika akan menyusui bayi. Biasanya bh menyusui memiliki kancing di bagian depannya yang mudah dibuka.

Bawalah 2-3 bra menyusui.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi sebaiknya Bunda masukkan ke daftar perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan. Biasanya perlengkapan pribadi seperti ini tidak disediakan.

perlengkapan-mandi-ibu
Perlengkapan Mandi Ibu

Untuk memastikannya lebih baik Bunda tanyakan ke bidan apakah peralatan mandi disediakan atau tidak. Jika tidak, bawalah beberapa peralatan mandi yang biasa Bunda pakai
seperti sabun, shampo, sikat gigi, odol, sisir,handuk dll. Bawalah secukupnya karena di bidan biasanya perawatannya lebih sebentar dibanding ketika bunda melahirkan di rumah bersalin lain.

Jika Bunda masuk pagi, maka sore bisa langsung pulang. Kecuali ada indikasi khusus pada ibu atau bayi. Perawatan di bidan bisa lebih lama.

Breast Pad

Breast pad menjadi salah satu barang yang harus dibawa saat persalinan. Breast pad berfungsi untuk menyerap ASI yang menetes dari payudara ketika bunda menyusui,
apalagi jika produksi ASI Bunda sangat banyak.

daftar-perlengkapan-persalinan-breast-pad
Breast Pad

Biasanya ketika kita menyusui, maka payudara sebelahnya juga akan menetes deras. Oleh karena itu breast pad ini sangat diperlukan agar tidak membasahi baju
sehingga Bunda tidak perlu sering berganti pakaian. Belilah 1 pack untuk persiapan di bidan.

Dokumen-Dokumen Penting

dokumen-pribadi
Dokumen Penting

Bawalah dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga , Kartu ATM dan Kartu BPJS aktif. Apalagi jika Bunda menggunakan fasilitas BPJS ini untuk biaya persalinan Bunda di bidan.

Perlengkapan yang Dibawa Suami

Selain Bunda, para suami juga harus mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan. Apa saja itu, yuk kita lihat daftarnya:

Pakaian Ganti

Biasanya para istri akan ditemani suami selama proses persalinan berlangsung. Oleh karena itu para suami juga harus mempersiapkan setidaknya baju untuk ganti
selama menunggu Bunda di bidan. Bawalah baju ganti secukupnya misal 1-2 potong karena biasanya perawatan di bidan kurang lebih sehari saja.
Jika tidak ada masalah tertentu pada ibu dan bayi, biasanya bisa pulang hari itu juga.

Makanan dan Minuman Ringan

Ketika menunggu Bunda melalui proses melahirkan yang menegangkan dan menguras tenaga, kadang para suami sampai lupa makan dan minum.
Bawalah air mineral dan makanan ringan seperti roti atau kue yang praktis dan mudah dimakan. Bukankan ayah juga harus tetap VIT agar bisa menjadi suami siaga?

 makanan-kemasan
Makanan Kemasan

Di beberapa bidan, bahkan mereka menyediakan juga fasilitas makan untuk para suami yang sedang menunggu.
Jadi itu semua tergantung dari kelas perawatan seperti apa yang Bunda pilih di bidan tersebut.

Dompet dan Dokumen Penting

Hal ini sangat penting dibawa para suami. Bawalah beberapa uang cash karena takutnya ada beberapa barang yang harus suami beli dan toko tersebut tidak menyediakan debit.
Selain itu KTP, KK, Kartu BPJS aktif juga harus selalu dibawa.

Telepon Genggam

 

telepon-genggam
Telepon Genggam

HP tentu saja harus dibawa. Jangan sampai karena suami panik sampai lupa membawa HP karena takutnya ada hal penting yang harus diurusi.
Selain itu HP juga digunakan untuk mengabadikan kelahiran buah hati.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi baru lahir juga harus Bunda buat daftarnya untuk dimasukkan ke perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan. Walaupun biasanya sudah disediakan juga dari bidan. Tetapi untuk berjaga-jaga, lebih baik bunda membawa beberapa peralatan bayi.

perlengkapan-yang-dibawa-saat-melahirkan
Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bahkan untuk beberapa ibu, ada yang lebih nyaman memakai baju bayi yang dibawa sendiri walaupun sudah disediakan dari pihak bidannya. Apa saja keperluan bayi baru lahir yang harus dibawa :

Baju Bayi Baru Lahir

baju-bayi-baru-lahir
Baju Bayi Baru Lahir

Bawalah baju bayi baru lahir 2-3 setel saja karena kalau melahirkan di bidan ibu dan bayi langsung pulang saat itu juga. Bunda bisa membawa baju bayi lengan pendek kancing depan dan celana panjang bayi. Jangan lupa juga membawa kaos dalam atau gurita untuk bayi.

Selimut Topi Bayi

selimut-bayi
Selimut Topi Bayi

Selimut topi bayi ini biasanya dipakai ketika bayi akan pulang. Selimut bayi ini berguna menjaga agar bayi tetap hangat dan nyaman.

Sarung Tangan Bayi dan Kaos Kaki Bayi

kaos-tangan-bayi-baru-lahir-isi-6
Sarung Tangan Bayi dan Kaos Kaki Bayi

Bawalah 1-2 pasang saja sarung tangan bayi dan kaos kaki bayi ketika akan pulang dari bidan.

Gendongan Bayi

Gendongan-Bayi-Dialogue-Samping
Gendongan Bayi

Gendongan bayi memudahkan bunda untuk menggendong bayi apalagi jika kondisi bunda masih ringkih. Bisa juga untuk membantu para ayah menggendong bayi jika Bunda masih belum kuat pasca melahirkan.

Bedong Bayi dan Popok Bayi

bedong-bayi-baru-lahir-lusinan
Bedong Bayi

Sebaiknya bedong bayi juga tidak dibawa terlalu banyak. Bawa 2-3 lembar saja. Popok bayi juga sebaiknya membawa yang sekali pakai agar praktis ketika di perjalanan pulang.
Setelah sampai di rumah baru dipakai popok kain agar bayi lebih nyaman.

Kesimpulan

Perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan ini memang agak berbeda karena melahirkan di bidan lebih sebentar masa perawatannya.
Oleh karena itu, tidak perlu membawa banyak barang persiapan persalinan yang terlalu banyak.

 Perlengkapan-yang-Harus-Dibawa-Saat-Melahirkan-di-Bidan
Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan

Untuk lebih memastikannya, ketika Bunda kontrol ke bidan langganan, lebih baik Bunda tanyakan fasilitas apa saja yang didapat. Dengan begitu Bunda jadi
bisa membuat daftar perlengkapan persalinan yang tepat dan tidak berlebih.

Baca juga daftar perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya untuk lebih menambah referensi Bunda dalam mempersiapkan kelahiran si buah hati.
Selamat menyambut kelahiran sang calon buah hati!

Bagikan
Tags: , , , , ,

Tinggalkan Komentar