Yuvenil

Mainan Edukatif untuk Bayi

Bagaimana Memilih Mainan Edukatif yang Tepat untuk Bayi

mainan-edukatif-untuk-bayi
mainan edukatif untuk bayi

Pernah tidak Bunda tergoda dengan mainan anak yang lucu-lucu dan ingin membeli semua. Pasti pernah dong ya padahal Bunda belum tahu jenis mainan edukatif untuk bayi tersebut benar-benar sedang dibutuhkan si kecil atau tidak.

Di usia 3 bulan biasanya si kecil sudah tertarik dengan lingkungan sekitar dan mulai senang bermain dengan mainan maupun benda-benda disekitarnya.

Bahkan ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa bermain dengan menggunakan mainan meningkatkan kecerdasan dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Nah, memberikan pembelajaran dan edukasi melalui mainan merupakan salah satu hal yang paling efektif demi tumbuh kembang si kecil.

Oleh sebab itu Bunda harus pikirkan dan cari beberapa referensi Mainan membantu perkembangan motorik.

Fungsi Mainan Edukatif dalam Perkembangan Bayi

 

mainan-meningkatkan-kecerdasan
Mainan meningkatkan kecerdasan

Untuk memilih mainan edukatif untuk bayi, pertimbangkan usia dan tingkat kemampuan mereka saat ini.

ni akan membantu Bunda memastikan bahwa mainan yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan bayi dan dapat membantu tumbuh kembang anak.

Selain itu, pilih mainan yang aman, berkualitas tinggi, dan mudah digunakan oleh bayi. Juga, pertimbangkan apakah mainan tersebut sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, jika bayi suka mengeksplorasi dan menyentuh benda-benda, mainan yang memiliki tekstur yang berbeda-beda atau yang dapat dipegang mungkin akan menjadi pilihan yang tepat.

Jika mereka suka bermain musik, mainan yang mengeluarkan suara atau memiliki tombol-tombol yang dapat ditekan mungkin akan menarik perhatian mereka.

Jadi fungsi mainan edukatif dalam perkembangan bayi sangat banyak.

5 Mainan Edukatif Terbaik untuk Bayi

Soft Toys

soft-toys
soft toys

Beli di Shopee

Soft toys atau mainan lunak untuk bayi adalah mainan yang terbuat dari bahan lunak yang dirancang khusus untuk bayi. Soft toys adalah salah satu mainan membantu perkembangan motorik bayi.

Biasanya soft toys lebih kecil ukurannya dan memiliki tepi yang bundar dan tekstur yang lembut untuk memastikan aman bagi bayi untuk bermain.

Mainan lunak untuk bayi dapat memiliki banyak bentuk yang berbeda, seperti binatang peliharaan, boneka yang lembut, dan mainan kain.

Baca juga:  Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

Soft toys dapat membantu mengembangkan indera bayi, seperti sentuhan, penglihatan, dan pendengaran, dan juga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi bayi.

Penting untuk memilih mainan lunak untuk bayi yang sesuai dengan usia dan memenuhi standar keamanan untuk memastikan bahwa mereka aman untuk digunakan oleh anak bunda.

Mainan Gantung

mainan-gantung
Mainan Gantung

Beli di Shopee

Ketika si kecil diletakkan box bayi, bouncer, atau stroller pilihlah mainan gantung yang bisa berputar maupun mengeluarkan suara.

Biasanya mainan ini punya warna-warna cerah sehingga bisa membantu si kecil memaksimalkan kemampuan penglihatannya.

Musik yang keluar dari mainan tersebut juga dapat menstimulasi kemampuan mendengarnya sedangkan jika mau pilih mainan yang berputar bisa membantunya belajar menggerakkan bola mata sebab mengikuti arah mainan.

Mainan gantung juga memicu si kecil untuk menggerakkan tangan karena ia pasti ingin meraih mainan tersebut

Mainan Kerincingan

mainan-kerincingan
Mainan Kerincingan

Beli di Shopee

Mainan edukatif untuk bayi berikutnya adalah Mainan kerincingan adalah mainan yang dapat menghasilkan suara kerincing atau berisik ketika digunakan.

Mainan semacam itu biasanya cocok untuk bayi berumur 3 bulan ke atas karena bisa menjadi stimulasi sensori bagi mereka.

Beberapa contoh mainan kerincingan yang mungkin cocok untuk bayi adalah:

-Gantungan mainan dengan suara kerincing. Mainan ini biasanya terdiri dari gantungan yang terbuat dari plastik atau bahan lainnya yang dilengkapi dengan pelat kerincing di dalamnya. Bayi dapat menggantung mainan ini di atas tempat tidurnya, bouncer atau stroller saat dibawa keluar.

-Mainan musik yang bisa dikerincing. Mainan ini biasanya terdiri dari sebuah alat musik kecil yang dilengkapi dengan tombol atau saklar yang dapat diaktifkan untuk menghasilkan suara kerincing. Contohnya adalah xylophone atau drum kecil yang bisa di kerincing.

Teether

teeter

teeter

Beli di Shopee

Teether atau “pembersih gigi” adalah mainan yang biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan aman untuk dimakan, yang dikhususkan untuk bayi yang sedang mengalami masa pematangan gigi.

Mainan ini diperuntukkan bagi bayi yang suka menggigit atau menjilat benda-benda untuk menghilangkan rasa sakit atau gatal yang terjadi saat gigi baru tumbuh.

Teether biasanya terbuat dari bahan seperti karet atau silicone yang aman untuk dimakan, dan terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran yang menarik bagi bayi.

Mainan ini bisa membantu bayi dalam mengatasi rasa sakit atau gatal saat gigi baru tumbuh, serta membantu dalam mengembangkan kemampuan motorik halus.

Baca juga:  Kumpulan Mpasi 6 Bulan yang Simple, Bisa Jadi Inspirasi Bunda di Rumah!

Kick and Play Piano Gym

kick-and-play-piano-gym
Kick and Play Piano Gym

Beli di Shopee

Kick and Play Piano Gym adalah salah satumainan edukatif untuk bayi yang terdiri dari sebuah alas bermain yang dilengkapi dengan piano yang terhubung dengan beberapa baris tali yang bisa dipukul atau diketuk oleh anak.

Mainan ini biasanya disertai dengan bola-bola yang bisa digulingkan atau dijatuhkan ke dalam lubang-lubang kecil di sekitar gym, serta beberapa mainan lainnya seperti boneka atau mainan gantung.

Mainan ini bisa membantu bayi dalam mengembangkan koordinasi tangan dan kaki, serta membantu dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus.

Pilihan Mainan Edukatif yang Dapat Menstimulasi Kemampuan Bayi

 

mainan-memperkenalkan-warna-atau-bentuk
Mainan memperkenalkan warna atau bentuk

Mainan Berbentuk Huruf atau Angka

mainan-berbentuk-huruf-atau-angka
Mainan Berbentuk Huruf atau Angka

Beli di Shopee

Mainan berbentuk huruf atau angka bisa membantu bayi dalam mempelajari huruf atau angka serta membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghitung.

Mainan Puzzle

mainan-puzzle-bayi
mainan puzzle bayi

Beli di Shopee

Mainan puzzle bisa membantu bayi dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah serta meningkatkan koordinasi tangan-mata.

Mainan Pop-up

mainan-pop-up
Mainan Pop-up

Beli di Shopee

Adalah mainan yang terdiri dari sebuah buku atau kotak yang dilengkapi dengan bagian yang dapat terangkat atau “pop up” saat buku atau kotak tersebut dibuka.

Mainan edukatif untuk bayi ini biasanya terdiri dari gambar-gambar yang menarik bagi bayi dan dilengkapi dengan mainan-mainan kecil yang tersembunyi di dalamnya.

Mainan pop-up bisa membantu bayi dalam mengembangkan kemampuan motorik halus, memperkenalkan benda-benda sehari-hari, serta membantu dalam meningkatkan kemampuan visual dan memori.

Mainan Cermin

mainan-cermin
mainan cermin

Beli di Shopee

Adalah mainan yang terdiri dari sebuah cermin kecil atau beberapa bagian cermin yang disusun bersama-sama. Mainan ini biasanya terdapat dalam bentuk puzzle atau permainan tangkap-tangkap.

Mainan cermin bisa membantu bayi dalam mengembangkan kemampuan visual dan memori, serta membantu dalam meningkatkan kemampuan motorik halus.

Mainan cermin juga bisa membantu bayi dalam memahami konsep dasar seperti refleksi dan perspektif.

Kesimpulan

Mainan edukatif untuk bayi sangat penting untuk membantu stimulus baik motorik maupun sensori.
Mainan edukatif juga membantu tumbuh kembang bayi.

Namun Bunda perlu memperhatikan mainan itu harus sesuai dengan umur anak.
Dan hal yang tidak boleh disepelekan adalah bahan mainan itu sendiri harus aman untuk bayi.

Bunda bisa juga baca kado bayi yang bermanfaat sebagai referensi Bunda.

Bagikan
, , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *