Yuvenil

Alat untuk Menyusui Bayi, Apa saja? Yuk Kenali Lebih Lanjut!

Karena kesulitan berbeda yang mungkin dialami oleh sebagian ibu-ibu ketika menyusui, bermacam alat untuk menyusui bayi diciptakan sebagai solusi.

Walaupun dulu selama ribuan tahun para ibu bisa menyusui tanpa bantuan alat bantu menyusui, namun patut diingat bahwa menyusui tidak selalu merupakan pengalaman yang mudah, terutama bagi ibu baru.

alat-untuk-menyusui-bayi
alat untuk menyusui bayi

Bagi sebagian ibu, menyusui dapat membuat gelisah dan kesal, terutama dalam kondisi tertentu yang dialaminya.

Jika masuk anggaran Bunda, ada beberapa hal yang dapat membua proses ibu menyusui menjadi jauh lebih mudah.

Alat Untuk Menyusui Bayi

Menyusui dan ASI eksklusif dapat memperkuat ikatan ibu-anak. Selain itu ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi.

Setiap ibu tentu tidak ingin kehilangan waktu yang berharga ini dengan tidak mempersiapkan alat untuk menyusui bayi yang diperlukan agar memperlancar proses menyusui.

Ketika seorang wanita berencana untuk kembali bekerja setelah melahirkan, sangat penting untuk menyiapkan perlengkapan menyusui sebaik mungkin.

Karena menyusui bermanfaat bagi ibu terutama untuk si kecil, penting bagi para ibu untuk bisa tetap menjalaninya.

Silicone Breast Pump

silicone-breast-pump
Silicone Breast Pump

Beli di Shopee

Para Ibu mungkin mengalami perembesan dari sisi payudara yang lain selama menyusui. Jelas, sayang sekali ketika ASI yang berharga disia-siakan.

Pompa payudara silikon adalah salah satu alat bantu menyusui yang paling membantu. Saat menyusui, pompa payudara silikon sangat membantu untuk mengumpulkan susu yang merembes dari payudara yang sebelah.

Corong yang dapat disesuaikan sesuai dengan payudara dan membuatnya mudah untuk dipompa.

Pindahkan ASI ke wadah ASI, cuci silicone breast pump dengan sabun dan air, dan masukkan ke dalam lemari es hingga dingin sebelum digunakan lagi.

Breast Pad

breast-pad
breast pad

Beli di Shopee

Bantalan bulat seukuran setengah payudara digunakan sebagai breast pad, yang dipakai untuk melindungi puting susu. Bunda dapat memilih untuk menggunakan versi yang dapat dicuci atau yang sekali pakai.
Ketika Bunda tidak menyusui, Bunda dapat mencegah susu menetes di atas pakaian dengan memasukkan breast pads di dalam cup bra.

Jangan pernah menggunakan bantalan payudara yang dilapisi plastik, karena mereka mencegah aliran udara dan memerangkap kelembaban di sekitar payudara. Ada risiko timbulnya peradangan pada puting susu jika melakukan hal ini.

Breast Pad berfungsi sebagai alat penampung ASi dan wajib dipakai Bunda ketika keluar rumah agar ASI tidak rembes ke baju.

Nipple Cream

pigeon-nipple-cream
pigeon nipple cream

Beli di Shopee

Beberapa ibu menyusui mengalami iritasi atau lecet pada puting susu.

Saat menyusui, krim atau salep puting adalah perlengkapan menyusui yang harus dimiliki oleh ibu yang mengalami lecet pada puting.

Pemulihan yang cepat dari puting yang kering, pecah-pecah, dan sakit dapat dilakukan dengan menggunakan krim atau salep khusus ini. Hasilnya, proses menyusui dapat berjalan normal kembali.

Pompa Asi

 

alat-pompa-asi
alat pompa asi

Beli di Shopee

Salah satu alat untuk menyusui bayi yaitu Pompa ASI elektrik. Itu memfasilitasi supaya ibu dapat menyusui secara eksklusif.

Memompa payudara dapat membantu Bunda menghasilkan lebih banyak ASI, menghilangkan susu ekstra, mengurangi pembengkakan, dan mengontrol suplai ASI Bunda.

Pompa payudara manual dan pompa payudara elektrik hanyalah dua dari pilihan yang tersedia.

Pompa payudara adalah bagian penting dari perlengkapan menyusui untuk wanita yang bekerja atau yang harus menghabiskan waktu jauh dari anak-anak mereka saat menyusui.

Baca juga:  6 Cara Memberi Nama Anak Yang Bagus Agar Tidak Menyesal

Sebagai alternatif dari menyusui langsung, ibu dapat memberikan ASI perah melalui pemompaan.
Ketika bayi sudah kenyang dan payudara masih masih mengeluarkan ASI, pompa ASI dapat digunakan.

Alat Penampung ASI

alat-penampung-asi
alat penampung asi

Beli di Shopee

Alat penampung asi digunakan untuk menampung dan mengawetkan ASI perah.
Wadah penampung ASI ini terbuat dari silikon yang aman dan BPA free.

Sangat praktis untuk dipakai sehari-hari dan berfungsi menmpung ASi yang menetes.. Didesain agar merekat kuat pada payudara sehingga mencegah kebocoran.

Deskripsi:
Design anti slip dan merekat kuat pada payudara
Tidak akan berubah posisi sehingga ASI tidak akan keluar
Dapat dituang ke botol susu dan dapat diberikan langsung kepada anak

Ice Gel Pack

ice-gel-pack
ice gel pack

Beli di Shopee

Perlengkapan menyusui lainnya untuk ibu menyusui yang harus pergi bekerja. Tas pendingin dan ice gel pack sangat penting bagi setiap orang tua yang bepergian dengan bayi, bukan hanya wanita yang bekerja.
ASI harus disimpan pada suhu rendah untuk menjaga kualitasnya. Itulah mengapa ice gel pack menjadi perlatan yang wajib dibawa.

ASI dapat disimpan dengan aman di dalam tas pendingin yang dilengkapi dengan gel es untuk memperpanjang masa simpan ASI.

Alat Pelindung Puting

alat-pelindung-puting
alat pelindung puting

Beli di Shopee

Untuk perlindungan areola dan puting susu, perisai fleksibel yang disebut “nipple shield” dapat digunakan. Karena menyerupai puting susu dan berfungsi sebagai jembatan antara payudara dan mulut bayi, pelindung puting susu menggunakan kedua nama tersebut termasuk alat penyambung asi

Alat untuk menyusui bayi salah satunya Nipple shield ini membantu bayi agar dapat mengisap puting ibu yang pendek, datar atau terbalik.

Nipple shield juga membantu membuat puting lebih panjang dan lebih keras sehingga bayi lebih mudah menyusu
Dianjurkan agar wanita dengan puting datar atau ke dalam menggunakan bantuan menyusui ini.

Meskipun alat penyambung asi ini telah membantu, masih diperdebatkan apakah harus digunakan atau tidak.

Para ahli tidak setuju apakah perisai puting benar-benar membatasi jumlah ASI yang diminum bayi atau tidak.
elindung puting susu, diperkirakan, membuat bayi bergantung dan menyebabkan kebingungan puting susu.

Jika Bunda tidak memiliki puting yang rata secara alami, Bunda mungkin tidak memerlukan perlengkapan menyusui ini. Bunda disarankan untuk mendiskusikan potensi manfaat dan risiko dengan dokter sebelumnya.

Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan menyusui yang dirancang untuk membantu Bunda menggendong, menidurkan, dan menenangkan bayi Bunda mungkin membantu menyusui menjadi lebih efektif.

Bra untuk Menyusui

bra-menyusui
Bra Menyusui

Beli di Shopee

Memiliki bra menyusui yang secara khusus dibuat untuk mengakomodasi payudara Bunda yang sedang tumbuh mungkin sangat membantu.

Sulit untuk memastikan ukuran bra menyusui yang Bunda perlukan, tetapi Bunda mungkin harus menyimpan beberapa ukuran yang berbeda selama kehamilan Bunda dan membawanya ke rumah sakit.

Pastikan bra untuk menyusui tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar.

Untuk memudahkan menyusui, bra menyusui memiliki penutup depan yang dapat dibuka dengan satu tangan (sambil menggendong bayi dengan tangan yang lain). Biasanya ada kancing untuk buka dan tutup.

Pakaian luar menyusui adalah solusi praktis bagi para ibu yang khawatir tentang menyusui bayi mereka di depan umum tanpa menarik perhatian pada diri mereka sendiri.

Bra menyusui dan pakaian menyusui lainnya dapat ditemukan di berbagai lokasi ritel, marketplace, katalog pakaian ibu dan anak, dan bahkan department store tertentu.

Kemeja yang dapat ditarik ke atas dengan cepat dan blus yang dapat dibuka di bagian atas mungkin juga cukup berguna.

Baca juga:  24 Inspirasi Kamar Bayi dan Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Bantal Menyusui

bantal-menyusui
bantal menyusui

Beli di Shopee

Ketika menyusui bayi, beberapa ibu menemukan bahwa bantal menyusui yang dibuat khusus jauh lebih nyaman daripada mengutak-atik bantal atau guling standar untuk mendapatkan posisi yang tepat.

Kemungkinan Bunda perlu mencoba beberapa bantal menyusui yang berbeda sebelum menentukan bantal yang paling nyaman untuk Bunda dan bayi Bunda.

Kursi Menyusui

kursi-menyusui-bayi
kursi menyusui bayi

Beli di Shopee

Perlengkapan menyusui lainnya yaitu kursi menyusui. Biasanya kursi menyusui memiliki bantalan pinggang.

Hal ini berpotensi membuat Bunda merasa lebih nyaman dengan membantu menjaga tulang belakang yang lurus.

Gendongan Bayi untuk Menyusui

Gendongan-Bayi-Dialogue-Samping
Gendongan Bayi Dialogue Samping

Beli di Shopee

Alat untuk menyusui bayi berikutnya yaitu gendongan bayi untuk menyusui. Benda ini berguna agar Bunda tetap bisa menggendong sambil menyusui.

Apron Menyusui

apron-menyusui-dan-bantal-menyusui
apron menyusui

Beli di Shopee

Bunda mungkin canggung jika harus menyusui di depan umum. Apron menyusui bisa menjadi solusi ketika BUnda ingin menyusui di tempat umum tetapi tidak menemukan ruang menyusui.

Baju Menyusui

daftar-perlengkapan-persalinan-baju-menyusui
baju menyusui

Beli di Shopee

Baju Menyusui adalah bagian pertama dari perlengkapan menyusui yang penting.
Kemeja berkancing depan adalah pilihan tepat untuk ibu menyusui karena lebih mudah jika bayi ingin menyusui.

Ibu menyusui dapat dengan mudah memerah ASI tanpa melepas pakaian mereka ketika mereka mengenakan blus yang berkancing di bagian depan.

Ibu menyusui memiliki beberapa pilihan lagi dalam hal atasan, termasuk yang memiliki bukaan depan (resleting di sisi payudara), selain gaya kancing standar.

Botol Plastik atau Kaca

botol-susu-yang-aman-untuk-bayi
botol susu yang aman untuk bayi

Beli di Shopee

Botol susu anti bocor yang terbuat dari polimer yang tidak mengandung bisphenol A (BPA) sangat ideal untuk menyimpan ASI perah.

Seorang ibu dapat menyiapkan botol ASI atau susu formula, memberi label, dan menyimpannya di lemari es untuk menghangatkan sebelum menyusui bayinya.

Cooler Bag

cooler-bag

Beli di Shopee

Jika Bunda memompa ASI di lokasi selain rumah maka Bunda akan membutuhkan tas ini untuk membawa botol atau wadah plastik yang berisi ASI perah.

Tas ini sering dibuat dengan lapisan tahan panas dan kantong gel dingin, yang keduanya membantu menjaga kualitas ASI.

Media Pemberian Asip

Tersedak, kerusakan gigi, infeksi telinga, dan overhidrasi adalah masalah-masalah yang diperburuk dengan pemberian susu botol, selain potensi kebingungan puting.

Jika ingin bayi Bunda hanya dapat mengkonsumsi ASI saja, maka harus menggunakan media pemberian asip seperti cup feeder, gelas sloki, sendok, pipet, atau spuit.

Cup Feeder

cup-feeder

Beli di Shopee

Media pemberian asip selain dot salah satunya adalah cup feeder.
Cup feeder bayi atau gelas sloki ASI adalah cangkir kecil yang berbentuk seperti sloki, berfungsi untuk meminumkan ASI pada bayi agar tidak bingung puting.

Memberikan susu lewat cup feeder lebih baik daripada lewat dot karena tidak merusak gigi si Kecil.

Spuit Feeder

spuit-feeder
spuit feeder

Beli di Shopee

Spuit feeder adalah alat untuk menyusui bayi yang terlihat seperti jarum suntik tetapi tidak memiliki jarum. Biasanya dipakai untuk membantu ibu ketika pertama kail memberikan ASI.

Selain itu spuit feeder juga bisa dipakai ketika puting ibu sedang lecet dan membutuhkan waktu pemulihan.

Kesimpulan

Alat untuk menyusui bayi ternyata banyak jenisnya. Lebih baik Bunda membuat list agar tidak bingung ketika harus membeli perlengkapan menyusui.

Harga alat bantu menyusui ini pun beragam. Tergantung dari kualitas dan fitur kerjanya.

Selain alat menyusui bayi, Bunda juga bisa baca daftar perlengkapan bayi lainnya yang mungkin dibutuhkan si kecil.

Bagikan
, , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *