Yuvenil

Masuk
  • 00
  • 00
  • 00
  • 00

Dapatkan kode kupon DISKON 10%

Klik di Sini

Dapatkan Diskon 10% dengan memasukan kode kupon: "WELCOME10" saat pembayaran

Selengkapnya

Ketentuan Promo Kode Kupon WELCOME10

1. Kode kupon ‘WELCOME10” adalah diskon 10% untuk pembelian pertama.
2. Kode kupon berlaku sekali pemakaian untuk setiap pengguna.
3. Kode kupon tidak bisa digunakan berbarengan dengan kode kupon lainnya.
4. Kode kupon tidak berlaku untuk produk yang sedang Sale
5. Kupon hanya berlaku jika tidak ada produk yang sedang Sale di dalam keranjang belanja.
6. Kode kupon hanya berlaku untuk Subscribers yuvenil.com

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Rumah Sakit, Bunda Harus Tahu!

Terkadang calon ibu baru bingung mengenai perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit karena begitu banyak jenis barang bayi dan kita tidak tahu perlengkapan bayi apa yang sudah disediakan oleh rumah sakit.

Ketika mendekati hari kelahiran, para calon ibu mulai bersiap-siap untuk memikirkan perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit. Lebih baik persiapkan lebih awal misalnya ketika usia kandungan Bunda menginjak delapan bulan.
Hal itu lebih baik dilakukan agar ketika terjadi hal yang tidak terduga, Bunda sudah mempersiapkannya.

perlengkapan-bayi-baru-lahir-di-rumah-sakit
Perlengkapan Bayi Baru Lahir di Rumah Sakit

Tidak ada salahnya ketika Bunda kontrol kehamilan di rumah sakit, tanyakan kepada bagian informasi, barang persiapan persalinan yang biasanya disediakan rumah sakit, sehingga Bunda punya gambaran apa yang harus dibawa dan apa yang tidak. Jangan sampai Bunda membawa perlengkapan melahirkan yang tidak perlu.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai 42 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Jumlahnya yang bisa Bunda jadikan acuan.

Kali ini fokus di perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan terbagi dua yaitu untuk bayi dan tidak kalah pentingnya barang persiapan persalinan untuk ibu juga harus diperhatikan.

Apa Saja yang Dibawa ke Rumah Sakit Saat Melahirkan?

perlengkapan-untuk-dibawa-saat-melahirkan
Perlengkapan Untuk Dibawa Saat Melahirkan

Apa saja yang dibawa ke rumah sakit saat melahirkan? Pertanyaan ini tentu saja sering menghinggapi pikiran Bunda.
Bunda tidak tahu perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit saat melahirkan apa saja yang harus dipersiapkan, baik untuk kebutuhan bayi maupun kebutuhan Bunda sendiri.

Agar Bunda tidak bingung lagi, berikut perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit yang Bunda wajib tahu.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan

1. Keperluan Bayi Baru Lahir

  • Pakaian Bayi Baru Lahir. Berapa banyak baju bayi yang harus dibawa ke rumah sakit? Pasti pertanyaan ini sering Bunda pikirkan. Biasanya rumah sakit akan menyediakan baju bayi selama bayi dirawat di sana. Jadi Bunda jangan membawa banyak baju bayi. Bawalah 2-3 stel baju bayi untuk dipakai bayi ketika pulang dari rumah sakit.
Setelan-Baju-Bayi-Perempuan-Lengan-Panjang-Isi-3
Setelan Baju Bayi Perempuan Lengan Panjang
  • Sarung tangan dan kaos kaki bayi. Untuk peralatan bayi, bawalah secukupnya saja termasuk sarung tangan dan kaos kaki bayi ini karena hanya akan dipakai ketika bayi keluar dari rumah sakit. Bawalah dua pasang saja.
kaos-tangan-bayi-baru-lahir-isi-6
Sarung tangan dan Kaos Kaki Bayi
  • Kain pernel bayi. Cukup bawa 3 lembar kain bedong karena selama di rumah sakit biasanya sudah disediakan.
kain-bedong-bayi
Kain Pernel Bayi
  • Popok. Bawalah popok sekali pakai (diapers) ukuran NB untuk bayi Bunda selama di perjalanan pulang. Usahakan tidak memakai popok kain dahulu karena takutnya ketika di kendaraan, bayi pipis atau buang air besar. Ketika sudah sampai di rumah, boleh diganti dengan popok kain agar bayi merasa nyaman.
 popok-bayi-sekali-pakai
Popok Bayi Sekali Pakai

2. Perlengkapan yang Harus Dibawa Ibu Saat Melahirkan

  • Baju melahirkan. Baju ibu setelah melahirkan memang harus dibawa karena biasanya rumah sakit tidak menyediakan, walaupun ada beberapa rumah sakit juga yang menyiapkannya.
    Tapi untuk berjaga-jaga lebih baik Bunda membawa baju ibu setelah melahirkan. Bawalah baju yang memudahkan Bunda untuk menyusui bayi seperti baju dengan kancing depan. Bunda juga bisa membawa beberapa stel daster karena itu sangat memudahkan ketika Bunda ingin ke kamar kecil atau ketika dokter atau perawat akan melakukan pemeriksaan. Diusahakan Bunda tidak memakai celana. Dan jangan lupa selain beberapa stel daster tadi, bawalah satu setel pakaian biasa untuk Bunda pulang nantinya.
 baju-ibu-setelah-melahirkan
Baju Ibu Setelah Melahirkan
  • Perlengkapan mandi ibu. Bawalah peralatan mandi yang biasa Bunda pakai seperti sabun, shampoo, sikat gigi, handuk. Biasanya di hari kedua atau ketiga, dokter akan menyuruh Bunda untuk berlatih ke kamar mandi dan membersihkan diri.
perlengkapan-mandi-ibu
Perlengkapan Mandi Ibu
  • Pembalut untuk ibu nifas atau pembalut bersalin. Seringkali pihak rumah sakit sudah menyediakan tetapi lebih baik Bunda juga membawa 1 pack saja untuk persiapan. Pembalut bersalin biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih tebal dan lebar dari pembalut wanita biasa karena setelah melahirkan, wanita akan mengeluarkan banyak darah.
pembalut-bersalin
Pembalut Bersalin
  • Gurita ibu lahiran. Bukan hanya bayi, ibu juga membutuhkan gurita. Kenapa ibu melahirkan harus pakai gurita? Buat ibu baru pasti bingung.
    Banyak yang berpendapat bahwa korset untuk ibu sesudah melahirkan sangat bermanfaat untuk memperbaiki perut yang kosong setelah melahirkan.
    Ketika memakainya usahakan minta bantuan orang lain, ibu Anda misalnya dan jangan terlalu kencang ketika memakainya di awal melahirkan, terutama untuk Bunda dengan operasi caesar. Model gurita ibu lahiran juga semakin banyak modifikasi sehingga tidak seribet dulu.
  • Breast pad. Breast pad berfungsi agar ASI Bunda tidak merembes ke baju, apalagi jika ASI Bunda sangat melimpah.
daftar-perlengkapan-persalinan-breast-pad
Breast Pad
  • Pompa ASI bayi. Jika Bunda dianugerahi dengan ASI yang berlimpah, maka pompa ASI ini wajib dibawa, apalagi ketika awal melahirkan, bayi belum terlalu sering menyusui.
    Kalaupun menyusui, kapasitasnya pun masih sedikit. Bunda bisa memompanya dengan pompa ASI ini. ASI harus dipompa karena jika tidak, Bunda bisa mengalami demam atau bengkak payudara.
 pompa-asi-bayi
Pompa ASI Bayi
  • Dokumen-dokumen penting. Ini harus dipersiapkan jauh hari sebelum Bunda melahirkan agar tidak terlupa. Bawalah data pribadi seperti KTP, fotokopi Kartu Keluarga, Kartu BPJS aktif atau kartu asuransi yang Bunda punya dan buku kontrol selama masa kehamilan. Dokumen menjadi perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit paling sering terlupakan oleh kebanyakn orang.
dokumen-pribadi.
Dokumen Pribadi.

Kesimpulan

Perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit terbagi menjadi dua yaitu perlengkapan untuk bayi dan untuk ibu. Biasanya akan lebih banyak barang ibu yang dibawa
karena semua peralatan untuk bayi selama perawatan disediakan rumah sakit.

perlengkapan-yang-dibawa-saat-melahirkan
Perlengkapan yang Dibawa Saat Melahirkan

Mulailah mempersiapkan perlengkapan yang dibawa ke rumah sakit saat melahirkan sedari awal agar tidak ada satu barang yang terlewat sehingga persiapan pun lebih matang.
Masukan semua peralatan ke dalam satu tas bayi yang berukuran agak besar agar tidak tercecer.

Oh iya, perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan tidak jauh berbeda dengan Bunda yang berencana melahirkan di RS.

Semoga dengan persiapan lebih matang, menanti kelahiran Bunda menjadi moment yang tidak terlupakan bagi anda dan keluarga.

Bagikan
Tags: , , ,

Tinggalkan Komentar