Yuvenil

Perlengkapan Mpasi Untuk Persiapan Makan Si Kecil,Yuk dicek!

Pernahkah Bunda memperhatikan bahwa bayi kita memiliki banyak perintilan peralatan bayi?
Rumah Bunda sangat penuh dengan perlengkapan bayi setelah bayi lahir ke dunia.

resep-mpasi
resep mpasi

Termasuk perlengkapan mpasi. Bayi memulai makanan padat dan Bunda merasa sangat kewalahan mencari peralatan MPASI terbaik saat memulai awal baru yang menarik ini.
Semua orang tua baru tahu tentang betapa hebatnya MPASI ini.

Beberapa perlengkapan mpasi tertentu membuat pengalaman MPASI Bunda akan lebih berhasil dan jauh lebih sedikit stres. Oleh karena itu sangat penting membuat list perlengkapan mpasi.

Perlengkapan Mpasi yang Wajib Dimiliki

perlengkapan-mpasi
perlengkapan mpasi

Saat Bunda memulai MPASI, siapkan perlengkapan mpasi wajib yang dirancang khusus untuk memudahkan transisi bayi Bunda dari ASI ke makanan padat.
Untuk membuat MPASI menyenangkan dan sederhana, cari perlengkapan mpasi sederhana seperti kursi makan bayi, celemek bayi, piring bayi, mangkuk bayi , gelas bayi anti tumpah, dan set tempat makan bayi.

Bunda dapat membeli peralatan mpasi seperti baby food maker yang akan membantu menyiapkan dan memasak resep mpasi dengan cara yang aman untuk si kecil.
Penulis menyusun panduan lengkap tentang semua peralatan mpasi terbaik dan harus dimiliki untuk membantu Bunda dalam perjalanan memulaimpasi.

Saya ingin Bunda mendapatkan tips dan pengalaman langsung dari seseorang yang telah melalui proses menyusui yang dilakukan bayi sehingga saya dapat memberi Bunda saran tentang perlengkapan mpasi yang harus dibeli agar tidak mubadzir nantinya.

Perlengkapan untuk mpasi ini harus Bunda punya saat mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi.

Jika Bunda baru memulai perjalanan mpasi si kecil, teruslah membaca tips khusus tentang perlengkapan mpasi yang wajib dimiliki dan rekomendasi perlengkapan mpasi
favorit untuk keluarga Bunda.

Daftar Perlengkapan Mpasi

Baby Chair

baby-chair
baby chair

Beli di Shopee

 Baby chair jenis apa pun akan berfungsi. Jadi jika Bunda sudah memiliki kursi bayi, itu tidak masalah. Bunda tidak perlu perlengkapan mpasi yang baru.
Jika Bunda belum mendapatkan kursi bayi, ada beberapa hal yang perlu diingat.

Hal terbesar yang perlu diingat adalah bahwa memulai mpasi adalah tentang kemandirian untuk bayi Bunda. Saat Bunda membiarkan bayi menjelajahi makanannya sendiri, semuanya akan berantakan, tapi lama-kelamaan bayi akan belajar dan makanannya semakin rapi dan tidak berantakan.

Saat memilih kursi makan bayi terbaik untuk MPASI, pikirkan cara untuk meminimalkan kekacauan dan membuatnya lebih mudah dibersihkan. Selain itu dengan kondisi retak dan celah minimal untuk pembelian baby chair.

Sepanjang pengalaman mpasi para Bunda, bayi biasanya akan menghancurkan, mengotori, melempar, dan menjatuhkan makanan.
Cobalah untuk menemukan kursi makan bayi dengan celah dan pemisahan paling sedikit untuk mencegah makanan tersangkut di tempat-tempat kecil. Selain itu baby chair harus mudah dibersihkan.

Sekali lagi, hal-hal sering berantakan dengan MPASI. Peralatan mpasi diharapkan dapat membuat proses pemberian Mpasi lebih mudah bagi Bunda.

Cobalah untuk menemukan kursi tempat makan bayi dengan meja yang dapat dilepas yang aman untuk bayi, memilik penutup kursi yang dapat dilepas sehingga Bunda dapat dengan mudah membersihkannya.

Dengan memiliki kursi bayi, anak bisa bergabung makan malam bersama keluarga dan itu adalah salah satu bagian terbaik dari mpasi.

Ini berarti Bunda ingin mencari kursi tinggi yang dapat Bunda bawa ke meja keluarga Bunda sehingga bayi Bunda dapat makan bersama Bunda.
Cobalah untuk menemukan baby chair yang mudah dipindahkan atau yang dirancang khusus tanpa nampan sehingga bayi Bunda benar-benar dapat makan di meja makan bersama anggota keluarga lainnya.

Saat Bunda menambahkan lebih banyak makanan dan camilan, bayi akan menghabiskan banyak waktu di meja makan bayi. Bahkan, banyak anak yang terus menggunakan tempat duduk makan bayi selama 2 3 tahun.

Cari kursi bayi yang memiliki pengaturan dan ukuran berbeda untuk tumbuh bersama bayi Bunda dan baby chair ini adalah salah satu perlengkapan mpasi wajib punya.

Celemek Bayi

slaber-baby
slaber baby

Beli di Shopee

 Secara keseluruhan, proses MPASI itu luar biasa dan gaya memperkenalkan makanan padat kepada bayi memiliki banyak hal positif.
Namun, kelemahan terbesar dari pemberian makan yang dilakukan bayi adalah bisa sangat berantakan dan membuat frustrasi untuk membersihkannya setelah makan yang berantakan.

Salah satu mpasi perlengkapan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membeli celemek bayi.
Bayi duduk di kursi bayi dengan memakai baby bib besar sambil makan mpasi.

Itulah mengapa menyimpan beberapa slaber (dan alas lantai) yang bagus akan membantu Bunda merasa jauh lebih tidak capek saat melakukan pemberian mpasi.
Bunda tidak perlu terus-menerus pusing tentang kekacauan karena ada perlengkapan mpasi yang bisa membantu sehingga proses pemberian mpasi dengan bayi berjalan lancar.

Baca juga:  Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubazir

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan slaber baby yang bagus untuk MPASI:

-Celemek Bayi Waterproof

celemek-bayi-anti-air
celemek bayi anti air

Beli di Shopee

Saat bayi Bunda makan dan mengeksplor berbagai makanan dan tekstur, ia cenderung dan mengotori makanan dengan saus dan membuat kekacauan besar.
Celemek bayi silikon bisa tahan air sehingga baju tidak ternoda dan dapat dengan mudah dibersihkan. Biasanya celemek bayi waterproof memiliki kantong untuk menampung makanan yang jatuh dari mulut.

Mendapatkan bibs bayi dengan kantong untuk menampung makanan sebanyak mungkin akan membuat pakaian dan kursi bayi Bunda lebih rapi dan lebih mudah dibersihkan.

-Slaber Baby dengan Lengan Panjang

celemek-bayi-lucu
celemek bayi lucu

Beli di Shopee

 Jika Bunda benar-benar ingin meminimalkan kekacauan saat bayi Bunda makan, carilah slaber baby dengan lengan panjang. Ini akan benar-benar menutupi pakaian bayi Bunda dan menjaga semuanya bersih dan bebas noda.

Agar benar-benar pro aktif, carilah celemek bayi anti air yang bisa menangkap semua remah makanan yang terjatuh.

Ini menjaga pakaian bayi Bunda tetap bersih dan mencegah penumpukan makanan yang jatuh di kursi kursi bayi Bunda.

Perlak Lantai

perlak-lantai
perlak lantai

Beli di Shopee

 Untuk Bunda yang rumahnya berantakan karenampasi seperti setumpuk makanan di lantai maka harus ada solusinya.
Perlak lantai besar yang dapat dipakai alas ketika si bayi makan bisa jadi perlengkapan mpasi yang harus dibeli karena fungsinya yang sangat membantu.

Karpet perlak dapat Bunda letakkan di bawah kursi bayi sehingga Bunda dapat dengan mudah mengumpulkan semua makanan yang jatuh tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk menyapu dan mengepel setiap habis makan dan camilan.

Tempat Makan Bayi

piring-bayi
piring bayi

Beli di Shopee

Pada awalnya mungkin Bunda tidak berpikir akan membutuhkan piring bayi dan mangkok makan bayi karena mengira bayi hanya bisa makan dari nampan atau meja di high chair.
Tetapi setelah melalui prosesnya, membeli beberapa piring dan mangkok berkualitas akan membantu Bunda menjadi lebih mudah dalam pemberian makan yang  dilakukan bayi.

Piring Bayi dan Mangkok Makan Bayi

mangkok-makan-bayi
mangkok makan bayi

Beli di Shopee

 Menggunakan piring bayi dan mangkok makan bayi sebenarnya meminimalkan kekacauan karena makanan bayi Bunda lebih rapi.
Semuanya memiliki tempat tertentu sehingga makanan tidak mudah tumpah.

Yang terbaik dari semuanya, menggunakan piring dan mangkok sebenarnya mendukung perkembangan bayi untuk menggenggam dan menjepit karena bayi Bunda dapat menggunakan piring dan mangkok mereka untuk membantu mengambil makanan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencari piring dan mangkok terbaik untuk mpasi:

  • Bayi suka mengambil piring dan mangkok bayi dan membuangnya atau melemparkannya ke tepi kursi tinggi. Meskipun membuat frustrasi, ini adalah bagian normal dari perkembangan saat mereka mempelajari sebab dan akibat.
  • Jika Bunda ingin meminimalkan eketifitas waktu makan , maka saat Bunda mulai memperkenalkan makanan padat dengan si bayi, usahakan untuk membeli piring dan mangkuk dengan daya isap yang besar sehingga Bunda tidak perlu khawatir dengan kekacauan ekstra ini.
  • Membeli perlengkapan mpasi wajib punya yaitu mangkok makan bayi dan piring bayi dengan sekat sangat bagus untuk mpasi karena ini membantu mengingatkan Bunda untuk menjaga porsinya tetap kecil dan membuatnya lebih mudah untuk menawarkan berbagai makanan sehat untuk bayi Bunda setiap kali makan.
  • Mangkuk dengan bibir yang tinggi.
    Carilah piring dan mangkuk dengan sedikit bibir atau langkan di atasnya. Ini memudahkan bayi Bunda untuk mengambil makanan karena ia dapat mendorong makanan ke arah langkan dan kemudian mengambilnya dengan lebih mudah.

Ada juga jenis mangkok bayi yang bernama Suction Go Bowl. Mangkuk ini sangat keren. Mangkok makan bayi yang dilengkapi suction agar mangkok bisa menempel pada meja.

Botol Minum Bayi Anti Tumpah

sippy-cup
sippy cup

Beli di Shopee

 Tahukah Bunda bahwa bayi Bunda dapat mulai menggunakan cangkir terbuka saat mereka mulai MPASI pada (kurang lebih) usia enam bulan?

Meskipun kedengarannya berantakan, beralih langsung ke cangkir terbuka daripada cangkir sippy jauh lebih baik untuk perawatan gigi dan mulut bayi Bunda dan itu berarti Bunda tidak perlu menyapih cangkir sippy nanti.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencari cangkir bayi yang tepat untuk mulai digunakan dengan bayi Bunda.

  • Sippy cup terbaik adalah yang dibuat dengan mempertimbangkan tangan kecil bayi Bunda.
  • Pikirkan betapa mudahnya bagi Bunda untuk minum dari tempat minum bayi biasa daripada wadah galon.
  • Dibuat khusus untuk bayi.
  • Ini sama untuk bayi Bunda. Jika dia ingin mengontrol aliran air saat dia minum, dia harus mencari cangkir bayi yang lebih kecil yang lebih mudah baginya untuk mengangkat mulutnya dan minum.
  • Memakai gelas sedotan bayi itu bagus karena jauh lebih baik untuk penjajaran gigi bayi Bunda daripada sippy cup untuk bayi 6 bulan, tetapi juga tidak terlalu berantakan daripada menggunakan cangkir terbuka.
  • Jika Bunda tidak merasa siap untuk cangkir terbuka, pilihan bagus lainnya adalah memberi bayi Bunda gelas sedotan bayi.
  • Cangkir ini harus bebas dari bahan kimia berbahaya dan dibuat dengan sedotan anti tumpah untuk mencegah kecelakaan.
Baca juga:  Panduan Merawat Bayi Baru Lahir PDF

Sendok Mpasi dan Garpu Bayi

sendok-mpasi
sendok mpasi

Beli di Shopee

 Ketika orang tua memikirkan perlengkapan mpasi, seringkali mereka tidak memikirkan set tempat makan bayi.

Bayi Bunda tidak diberi makan dengan metode makan tradisional dan sedang dilatih untuk makan makanannya sendiri. Penting untuk menemukan set tempat makan bayi dan garpu bayi terbaik karena Bunda ingin mengajari dan mendorong bayi Bunda untuk menggunakannya.

Sebagian besar sendok mpasi dan garpu bayi dirancang agar orang tua dapat memberi makan bayi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli sendok makan dan garpu bayi:

  •  Garpu. Bunda mungkin berpikir garpu lebih mudah digunakan bayi daripada sendok, tetapi ternyata tidak. Ketika benda-benda jatuh dari sendok, itu menjadi frustasi karena bayi Bunda harus memutar dan mengarahkan makanan dengan hati-hati.
  • Dengan garpu, bayi Bunda belajar menyodok makanan dan tetap di tempatnya sampai sampai ke mulutnya.
    Pilih opsi yang sesuai dengan bayi Bunda.
  • Ada ratusan model peralatan makan bayi yang berbeda yang dapat Bunda gunakan, tetapi peralatan makan terbaik adalah yang dapat digunakan sendiri oleh bayi Bunda.
  • Bayi Bunda tidak perlu menggerakkan sendok dan garpu panjang jika Bunda mencari sendok yang lebih kecil dengan pegangan pendek.
  • Jika Bunda memberi bayi Bunda sendok yang panjang dan tipis, mereka akan muntah dan memasukkannya ke tenggorokannya.
  • Dengan sedikit latihan, mereka akan menjadi lebih baik. Untuk transisi yang mulus dalam menggunakan peralatan perak secara mandiri, saya sarankan mencari peralatan makan yang dibuat untuk mencegah tersedak.
  • Ini sangat cocok untuk saat bayi Bunda berhenti menggunakan sendoknya agar tidak terlempar ke lantai sebelum gigitan berikutnya.

Alat Masak untuk Mpasi

Wajan Keramik

peralatan-mpasi-wajib-punya
peralatan mpasi wajib punya

Beli di Tokopedia

 Wajan keramik berfungsi untuk menumis makanan resep mpasi karena bahannya dari keramik maka lebih aman untuk bayi. Selain itu wajan keramik ini juga bisa dipakai untuk merebus.

Panci Steamer

alat-kukus-mpasi
alat kukus mpasi

Beli di Tokopedia

 

Panci steamer dipakai untuk mengukus makanan bayi. Membuat resep mpasi dengan dikukus membuat nutrisi yang terkandung di makanan akan terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak.

Sehingga cara pengolahan ini banyak dipakai Bunda untuk membuat mpasi. Oleh karena itu panci steamer atau panci kukusan menjadi salah satu perlengkapan mpasi yang harus dibeli.

Baby Food Maker

Bunda tidak perlu membeli perlengkapan mpasi yang terlalu banyak, tetapi yang penting berguna dan efisien.

Penting untuk mengetahui cara memasak dan menyiapkan makanan saat Bunda memulai mpasi. Ada beberapa perlengkapan memasak yang dapat digunakan untuk membuat persiapan memasak mpasi jadi lebih mudah.

Berikut adalah rekomendasi perlengkapan mpasi:

  • Philips Avent Baby Food Steamer and Blender. Bunda dapat menggunakan baby food maker ini untuk mengukus makanan dan memastikan Bunda memiliki tekstur yang tepat dengan makanan bayi Bunda. Jika Bunda membuat campuran mpasi dan puree, alat mpasi ini memiliki blender bawaan yang dapat Bunda gunakan untuk memblendernya.
    philip-food-maker
    philip food maker

    Beli di Shopee

  • Baby Safe Food Maker. Alat ini sangat berguna untuk pengolahan mpasi seperti mengukus ataupun mengancurkan makanan sehingga memiliki tekstur yang lebih lembut.
    dan cocok sebagai peralatan mpasi travelling.

    baby-safe-food-maker
    baby safe food maker

    Beli di Shopee

     Totseat Chair Harness

baby-chair-portable
baby chair portable

Beli di Shopee

 Totseat chair harness adalah kursi bayi portable yang bisa dilipat dan dibawa kemana saja. Cocok dibawa saat traveling  sehingga memudahkan ketika bayi kita akan makan. Sangat pas untuk anak yang sudah bisa duduk, mulai dari 6 bulan ke atas.

Baby chair ini menjadi salah satu peralatan mpasi travelling saat Bunda bepergian.

Bunda tidak perlu menggunakan kursi tinggi yang kotor di restoran atau mencoba menyeimbangkan bayi di pangkuan dan menangkis tangan yang sibuk saat bayi mencoba mengambil makanan Bunda.

Bayi dapat menggunakan kursi dan tali kekangnya sendiri.

Kesimpulan

persiapan-mpasi-6-bulan
persiapan mpasi 6 bulan

Menginjak bayi 6 bulan, Bunda tentu saja memerlukan perlengkapan mpasi. Oleh karena itu ada beberapa rekomendasi perlengkapan mpasi yang bagus dan bermanfaat, yang bisa Bunda beli, untuk menunjang mpasi si kecil agar lancar.

Bijaklah dalam membeli peralatan mpasi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Selain itu, pilihlah alat masxak mpasi yang sudah food grade sehingga aman untuk bayi.

Untuk memudahkan Bunda menyusun daftar perlengkapan mpasi, bisa dibaca daftar perlengkapan mpasi pertama.

Bagikan
, , , , , , , , , ,

14 komentar untuk “Perlengkapan Mpasi Untuk Persiapan Makan Si Kecil,Yuk dicek!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *