Yuvenil

Keuntungan Olahraga Ibu Hamil, Yuk Disimak!

Kesehatan yang baik selama kehamilan sangat penting bagi ibu hamil dan bayi yang belum lahir. Olahraga ibu hamil berperan agar Bunda ada dalam kondisi vit. Ini adalah waktu terbaik untuk memulai latihan.

Kebanyakan wanita memiliki kesalahpahaman bahwa olahraga ibu hamil berbahaya bagi bayi sehingga mereka menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas fisik apa pun seperti senam hamil.

Namun, dapat dipahami bahwa ibu hamil yang melakukan olahraga ringan selama kehamilan memiliki kehamilan yang sehat dan persalinan yang lebih mudah.

olahraga-ibu-hamil
olahraga ibu hamil

Latihan selama kehamilan juga bermanfaat bagi perkembangan bayi yang belum lahir. Penting untuk mendiskusikan rencana latihan Bunda dengan dokter sebelum memulai olahraga ibu hamil.

Dokter akan menyarankan cara terbaik untuk melakukan latihan tersebut tanpa menyebabkan apapun pada bayi dan diri Bunda sendiri.

Saat hamil seorang wanita mengalami beberapa perubahan. Sebagian besar perubahan ini membawa banyak ketidaknyamanan fisik selama kehamilannya.

Ketidaknyamanan ini berkisar dari penambahan berat badan, retensi air, wajah dan kaki bengkak, dan postur tubuh yang buruk. Ibu hamil olahraga selama kehamilan dapat meredakan ketidaknyamanan fisik ini.

Peralatan Olahraga Ibu Hamil

Olahraga ibu hamil seperti senam hamil memerlukan peralatan yang menunjang latihan. Sebaiknya Bunda persiapkan dahulu peralatannya sebelum memulai latihan.

Bunda mungkin bertanya-tanya, peralatan apa sih yang diperlukan untuk senam hamil?
Berikut bisa menjadi referensi Bunda:

1. Gym Ball

gym-ball
gym ball

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

Bola berukuran besar ini biasa dipakai untuk olahraga ibu hamil seperti senam hamil. Sering juga digunakan untuk olahraga yoga, pilates dll. Biasanya gym ball memiliki sifat lentur, tidak mudah pecah, antislip dan empuk.

Gym ball tidak gampang rusak karena terbuat dari environmental PVC sehingga tidak mudah rusak walau menahan berat badan kita.
Ukurannya bermacam-macam mulai dari diameter 55 cm hingga 75 cm pun ada.

Manfaat gym ball untuk olahraga ibu hamil yaitu membantu posisi badan agar dalam keadaan tegak dan tidak bungkuk, bisa melancarkan aliran darah ke rahim dan plasenta., sangat bagus untuk kekuatan pergelangan kaki dan lutut.

2. Celana untuk Ibu Hamil Modis

celana-untuk-ibu-hamil-modis
celana untuk ibu hamil modis

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

Baca juga:  Cara Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

Ketika hamil tentu saja kita memerlukan celana khusus karena badan kita yang semakin membesar. Apalagi untuk olahraga tentu dibutuhkan bahan celana yang nyaman, menyerap keringat dan elastis.

Biasanya berbahan polyester dengan sifat kain yang memiliki serat lembut, lentur, tidak gampang kusut, adem dan nyaman ketika digunakan. Serta memiliki daya serap keringat yang baik.

3. Matras Olahraga

matras-olahraga
matras olahraga

Beli di Shopee Beli di Tokopedia

 

Ketika melakukan senam hamil, Bunda tentu memerlukan alas agar tidak dingin dan Bunda bisa berlahraga dengan nyaman, tidak kedinginan.

Biasanya memiliki bahan antislip dan tidak licin.

Manfaat Senam Ibu Hamil

manfaat-senam-ibu-hamil
manfaat senam ibu hamil

Ada banyak manfaat kesehatan dari senam ibu hamil 9 bulan baik untuk ibu dan anak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Olahraga ibu hamil yang dilakukan secara teratur selama kehamilan dapat meningkatkan sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh. Ini termasuk sirkulasi darah janin yang sedang berkembang dan memastikan bahwa nutrisi mencapai janin juga.

Olahraga juga membantu membuang kelebihan air dalam tubuh, mengurangi retensi air, sehingga memberikan Bunda kelegaan dari kaki bengkak.

2. Kenaikan Berat Badan yang Stabil
Selama kehamilan, berat badan Bunda akan bertambah. Melakukan senam hamil trimester 3 dapat membantu Bunda mempertahankan kenaikan berat badan yang stabil dan sehat selama kehamilan.

Latihan-latihan ini juga akan bermanfaat bagi Bunda untuk mendapatkan kembali berat badan sebelum hamil dengan cepat setelah Bunda melahirkan bayi Bunda.

3. Penghilang stres
Karena perubahan hormonal dan fisik yang akan Bunda alami selama kehamilan, seringkali ada kecemasan dan stres yang dialami. Olahraga teratur akan membantu menghilangkan stres ini karena bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh selama latihan membantu mengurangi stres dan membuat Bunda merasa bahagia.

Ketika Bunda menjalani kehamilan sebagai ibu yang bahagia, Bunda akan memiliki persalinan yang berkesan dan bebas stres.

4. Postur yang Lebih Baik
Saat Bunda memasuki kehamilan, bentuk tubuh Bunda berubah. Akibatnya pusat gravitasi bergeser karena di mana berat bayi berada, di perut Bunda.

Jadi untuk menopang perut yang sedang tumbuh ini, bahu Bunda jatuh ke belakang dan punggung bawah Bunda condong ke depan. Ini memberi banyak tekanan pada tulang belakang Bunda dan mempengaruhi postur seluruh tubuh Bunda.
Olahraga ibu hamil akan memperkuat otot punggung dan tulang belakang, yang pada gilirannya akan mengurangi nyeri punggung bawah yang dikeluhkan sebagian besar ibu hamil saat akhir kehamilan.

Baca juga:  10 Perlengkapan Bayi yg Harus Disiapkan Menjelang Kelahiran, Jangan Sampai Terlewat!

Keuntungan Olahraga Ibu Hamil

senam-hamil
senam hamil

1. Melancarkan Proses Pencernaan.

Selama kehamilan, fungsi pencernaan diperlambat oleh hormon, untuk memastikan asimilasi nutrisi yang lebih baik ke dalam tubuh, untuk kepentingan janin dan ibu.

Karena makanan yang dikonsumsi selama kehamilan tinggi dan dengan pencernaan yang lambat ada sembelit dan mulas. Berolahraga selama kehamilan akan menghasilkan rangsangan pada otot-otot usus, sehingga meredakan sembelit dan mulas.

2. Membangun Stamina

Proses persalinan sangat melelahkan. Ketika Bunda mulai melakukan olahraga ibu hamil di awal kehamilan,

Bunda akan membantu membangun daya tahan dan stamina serta meningkatkan toleransi, yang akan membantu Bunda mengatasi cobaan persalinan.

3. Memperbesar Kesempatan Melahirkan dengan Persalinan Normal

Wanita yang berolahraga selama kehamilannya memiliki peluang lebih tinggi untuk melahirkan secara normal. Ini sembuh lebih cepat daripada persalinan caesar.

Jenis Olahraga yang Aman Selama Kehamilan

senam-ibu-hamil-trimester-3
senam ibu hamil trimester 3

Walaupun kita melihat begitu banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga selama kehamilan, namun ada baiknya jika kita lebih memperhatikan keamanan dari senam hamil ini.

Untuk mengetahui bahwa tidak semua olahraga cocok untuk Bunda selama kehamilan. Maka olahraga ringan hingga sedang adalah olahraga yang umumnya dianggap aman bagi wanita hamil untuk dilakukan selama kehamilan.

Salah satu contohnya adalah adalah latihan yang menargetkan otot panggul dan punggung bawah karena gerakan ini memberikan banyak kenyamanan bagi wanita hamil. Olahraga seperti yoga, berenang, jalan kaki, dan kegel adalah olahraga yang aman selama kehamilan.
Tingkatkan kebiasaan berjalan harian yang sederhana selama setengah jam. Berjalan kaki sangat berguna dan memberikan semua manfaat latihan tanpa gerakan yang sulit dan lebih rileks.

Kesimpulan

Olahraga ibu hamil sangat banyak manfaatnya. Namun perlu diingat betapapun bermanfaatnya berolahraga selama kehamilan, jangan pernah berlebihan. Belajarlah untuk mendengarkan tubuh Bunda sendiri.

Selain berolahraga, Bunda juga jangan lupa memperhatikan makanan yang baik untuk ibu hamil.
Sebelum Bunda memulai latihan rutin apa pun, biarkan dokter memberi Bunda lampu hijau. Jika Bunda mengalami ketidaknyamanan saat berolahraga, jangan lanjutkan dan hubungi dokter.

Jika tidak ada indikasi penyakit apapun, untuk kehamilan yang sehat, rancang program olahraga ibu hamil yang cocok untuk Bunda dan terus nikmati semua manfaat olahraga selama kehamilan. Selamat mencoba! ibu.

 

Bagikan
, , , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.