Yuvenil

Menu Mpasi Pertama Yang Mudah Dibuat, Yuk Coba di Rumah!

Ketika bayi menginjak 6 bulan dan sudah mulai makan, Bunda biasanya mulai mempersiapkan menu mpasi pertama yang mudah dibuat. Bunda pun mempersiapkan segala daftar menunya, hingga ke peralatan mpasinya. Segala hal mengenai mpasi 6 bulan bisa Bunda baca disini.

 menu-mpasi-pertama
menu mpasi pertama

Menu mpasi pertama biasanya dipilih yang tidak terlalu sulit agar Bunda juga tidak repot di hari pertama bayi makan. Berikut ini beberapa resep yang bisa Bunda praktekkan untuk menu mpasi pertama si kecil.

Makanan Bayi 6 Bulan

Ada beberapa bahan makanan bayi 6 bulan padat gizi yang baik untuk bayi Bunda. Membahas soal bahan makanan terbaik untuk bayi bunda yang mulai menginjak usia 6 bulan ke atas, akan selalu seru.

makanan-bayi-6-bulan
makanan bayi 6 bulan

Hal ini karena pada bayi yang baru saja lepas dari mengkonsumsi ASI saja secara eksklusif, tentunya belum memiliki gigi. Maka penting bagi Bunda untuk memastikan bahan makanan dan cara pengolahan mpasi 6 bulan yang tepat.

Berikut ini adalah bahan makanan bayi 6 bulan yang bisa Bunda beri kepada si kecil:
1. Buah Pisang
Pisang untuk bayi bisa diberikan dengan jenis pisang Ambon yang manis. Pada jenis buah ini mudah sekali didapat, murah dan kaya nutrisi. Seperti misalnya karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, kalsium, potasium, zat besi, magnesium, fosfor hingga zat besi. Banyak bukan?

Cara mengolah pisang untuk bayi 6 bulan bisa dengan cara dikerok ataupun dibuat pure pisang. Mengerok pisang menjadi favorit Bunda jika bayi harus melakukan perjalanan dan dia sudah jadwalnya makan cemilan.
Bisa langsung dikerok buah pisangnya dan berikan kepada bayi Bunda. Sangat praktis bahkan jika Bunda terpaksa harus menyuapinya di mobil.

2. Buah Alpukat
Alpukat untuk mpasi pertama bagus diberikan kepada si kecil. Buah alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh yang begitu baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, kandungan lainnya berupa potassium, karbohidrat, vit E , C, B, fosfor dan zinc sangat baik untuk bayi.
Cara mengolahnya dengan dijadikan puree. Pure buah mpasi 6 bulan sangat mudah. Bunda tinggal ambil daging alpukat yang bagus, lalu saring. Lebih bagus jika ditambahkan sedikit ASI atau air agar tidak terlalu pekat teksturnya.

3. Daging
Jangan anggap daging tidak pantas untuk makanan bayi. Bahan makanan ini kaya akan seng dan zat besi. Untuk mengolahnya perlu dimasak hingga empuk dan nyaman meski dia tidak menggigitnya.
Daging bisa dipakai sebagai salah satu bahan menu mpasi pertama bagi si kecil. Bisa daging ayam, sapi ataupun daging ikan seperti salmon.

Baca juga:  Tahapan Perkembangan Anak Menurut Umur, Bunda Harus Tahu

4. Plum
Mengandung banyak serat dan mampu meredakan konstipasi—mungkin akan dialami bayi saat ibu memberikan pengenalan MPASI kepada bayi.

5. Jeruk Mandarin
Pastikan buah yang diambil adalah buah yang manis tanpa sedikitpun rasa asam. Kaya vitamin C dan antioksidan.

Menu Mpasi 6 Bulan

menu-mpasi-6-bulan
Menu Mpasi 6 Bulan

Pada saat ini banyak makanan yang dinilai kurang berkontribusi dalam kesehatan bayi Bunda. Banyak kandungan yang berbahaya bagi kelangsungan kesehatan bayi. Hal ini harus diperhatikan karena selain membahayakan tubuh bayi, juga dapat mengakibatkan kematian jika mengkonsumsi kandungan berbahaya.

Ada baiknya jika untuk menu mpasi pertama, Bunda membuatkan khusus untuk bayi. Banyak menu mpasi 6 bulan yang bisa bunda coba di rumah. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana membuat menu mpasi pertama yang disukai banyak bayi.

Menu Mpasi 6 Bulan:

1. Bubur Sayur Mpasi 6 Bulan

sayur-mpasi-6-bulan
Sayur Mpasi 6 Bulan

Pada dasarnya seorang bayi menyukai banyak warna cerah pada sebuah benda. Oleh karena itu cocok untuk membuat bubur dengan aneka sayuran sehat di dalamnya. Cara membuat sayur mpasi 6 bulan adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan:

1. 3 sendok makan tepung beras
2. Sayuran berwarna menarik ( Bayam, Wortel, Dll)
3. Susu formula / ASI

Cara Membuat Mpasi:

1. Larutkan 3 sendok makan tepung beras tadi bersama dengan susu formula , aduk hingga benar-benar merata.
2. Potong-potong sayuran berwarna cerah tadi dengan bentuk variasi yang Bunda inginkan, tentunya sebelum di potong alangkah baiknya jika direbus atau dikukus dahulu.
3. Sesudah di aduk rata bubur tadi di masukan pada wadah makanan bayi ,tunggu hingga kondisinya tidak panas.
4. Setelah itu masukan hasil potongan sayur tadi dalam bubur yang sudah dingin.

Kandungan Gizi:

Manfaat dari bubur ini yaitu memberikan karbohidrat yang terdapat pada kandungan tepung beras. Selain itu ada juga kandungan lain seperti halnya berbagai vitamin yang terdapat pada sayuran.
Vitamin yang di hasilkan yaitu berupa vitamin A yang terkandung pada wortel yang baik untuk pertumbuhan mata bayi ada. Ada juga vitamin K, E, B yang terdapat pada bayam, yang tentunya tidak kalah penting untuk bayi Bunda.

Informasi ini memberikan inspirasi menu mpasi 6 bulan kepada Bunda selaku orang tua untuk selalu memberikan gizi terbaik bagi perkembangan bayi. Bunda dapat membuat menu bayi sehat di atas setiap hari dengan jenis sayur atau buah yang berbeda.

Peralatan Mpasi

Untuk menu ini Bunda membutuhkan alat kukus dan pan untuk mencampur semua bahan. berikut rekomendasinya.

peralatan-mpasi-bayi-6-bulan
peralatan mpasi bayi 6 bulan

Beli di Tokopedia

 

Puree Bayi

Bayi sangat membutuhkan nutrisi penting bagi tumbuh kembangnya. Seorang ibu harus tahu apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh bayinya.
Ketika bayi telah memasuki umur 6 bulan keatas, ini saatnya Bunda untuk membuatkan kombinasi puree bayi yang enak untuk bayi Bunda.

Baca juga:  Cara Memperbanyak Air Susu Ibu yang Wajib Diketahui

Ada beberapa resep puree bayi yang bisa Bunda coba di bawah ini. Setiap kombinasi puree dibuat dari bahan-bahan yang mudah Bunda dapatkan dan tentu saja memberikan manfaat yang banyak.

Bunda tidak perlu khawatir untuk mencoba hal baru karena Bunda bisa semakin kreatif dalam memberikan asupan makanan pendamping ASI untuk bayi Bunda.

Kombinasi Puree Wortel dan Apel

puree-wortel
puree wortel

Buah apel ternyata bisa dikombinasikan dengan wortel. Apel dan wortel mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, seng dan juga zat besi.
Bayi Bunda akan kenyang karena mendapatkan asupan karbohidrat alami yang aman.

Bagaimana cara membuat puree wortel dan buah apel? Bunda bisa mengupas kemudian memotong buah apel dan wortel menjadi potongan yang kecil. Buah wortel dan apel kemudian direbus lalu ditiriskan.
Bunda bisa memblender kedua bahan tersebut sampai lembut. Jika Bunda mau, bisa menambahkan dengan puree beras agar rasanya tidak terlalu tajam.

blender-baby-safe
blender baby safe

Beli di Shopee

Kombinasi Puree Sayur Brokoli dan Bunga Kol

mpasi-brokoli-6-bulan
mpasi brokoli 6 bulan

Menu mpasi pertama berikutnya yaitu puree sayur. Selain bisa memberikan puree buah, Bunda bisa memberikan puree sayur pada bayi.
Bayi juga membutuhkan makanan pendamping ASI yang kaya akan serat. Bunda bisa menggunakan brokoli dan juga bunga kol.

Caranya potong kecil sayuran-sayuran tersebut lalu kukus hingga matang. Brokoli dan bunga kol tersebut kemudian diblender sampai lembut. Puree ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin C, kalsium, beta karoten, dan juga zat besi yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

alat-kukus-mpasi
alat kukus mpasi

Beli di Tokopedia

 

Kombinasi Puree Kacang Polong dan Kentang

puree-kacang-polong
puree kacang polong

 

Puree kentang untuk bayi 6 bulan juga bisa dikombinasikan dengan kentang dan kacang polong. Kombinasi ini juga sangat direkomendasikan untuk bayi Bunda. Bunda hanya perlu merebus kacang polong dan juga kentang sampai matang lalu diblender.

Puree kacang polong dan kentang ini sangat baik karena mengandung zat besi, kalsium, seng, vitamin C dan karbohidrat.

panci-pemanas-sup
panci pemanas sup

Beli di Tokopedia

 

Kombinasi Labu Kuning dan Pepaya

pure-labu-kuning
pure labu kuning

Selain puree diatas, Bunda bisa mencoba mencampurkan labu kuning dengan pepaya. Kombinasi dua buah ini sangat baik karena mengandung vitamin A, beta karoten, zat besi, kalium dan juga vitamin C.

Labu kuning juga mengandung karbohidrat yang cocok untuk menu mpasi 6 bulan. Bunda bisa membuatnya dengan sangat mudah. Selain mencampurkan kombinasi labu kuning dan pepaya. Bunda bisa membuat puree dari buah pir dan juga melon. Rasanya yang segar akan sangat disukai bayi Bunda.

Kesimpulan

mpasi-bayi-6-bulan
mpasi bayi 6 bulan

Membuat puree buah atau sayur untuk menu mpasi pertama sangat mudah. Jauhi makanan mpasi yang mengandung bahan kimia.

Kini saatnya Bunda menjadi ibu yang pintar dan bijak. Membuat puree buah dan sayur sendiri bisa memberikan kebanggaan bagi Bunda dan mencerdaskan bayi Bunda.

Bagikan
, , , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *