Yuvenil

Manfaat Antioksidan bagi Tubuh, Ternyata Bagus untuk Ibu Hamil, Yuk Disimak!

Manfaat antioksidan bagi tubuh sangat banyak. Namun kenali dahulu apa itu antioksidan.
Bagi bunda yang belum tahu, antioksidan adalah campuran atau larutan yang mempunyai tugas untuk melawan zat negatif yang berasal dari radikal bebas di dalam tubuh manusia.

Radikal bebas dengan jumlah yang banyak, bisa menimbulkan stres oksidatif yang dapat merusak DNA.
Nah, rusaknya DNA ini bisa menyebabkan naiknya resiko berbagai penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes, dsb.

manfaat-antioksidan-bagi-tubuh
manfaat antioksidan bagi tubuh

Senyawa antioksidan ini dipercaya bisa membuat awet muda.
Caranya dapat diraih dengan menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas serta efek negatifnya. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan sumber antioksidan.

Sebagai contoh apakah Bunda pernah memperhatikan kenapa wanita Jepang awet muda?
Dalam bukunya Japanese Women Don’t Get Old or Fat, Naomi Moriyama menyebutkan bahwa salah satu jurus rahasia wanita Jepang cantik alami adalah mereka menerapkan pola hidup sehat semenjak kecil.

Mereka dibiasakan untuk mengonsumsi bahan makanan yang alami dan mempunyai tingkat nutrisi yang tinggi di menu makanan mereka.
Makanan yang mengandung antioksidan diantaranya adalah sayuran, buah-buahan ,rumput laut, dan teh hijau.

Bahan makanan tadi berisi antioksidan tinggi dan nutrisi yang bagus bagi tubuh. Manfaat antioksidan bagi tubuh selain untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker, juga bisa mencegah penuaan dini sehingga tetap terlihat awet muda.

Manfaat Antioksidan untuk Ibu Hamil

Begitu banyak manfaat antioksidan bagi tubuh kita sehingga ibu hamil pun dirasa penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini.
Fungsi antioksidan ketika Bunda sedang hamil yaitu dapat membantu janin supaya tetap sehat dan mencegah berbagai masalah pada kehamilan yang banyak dialami ibu hamil
seperti keguguran, hambatan pertumbuhan janin, preeklamsia, hingga kelahiran prematur.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan sumber antioksidan yang disarankan agar dimakan ibu hamil, diantaranya adalah:

1. Bawang. Bawang bombay memuat banyak antioksidan primer seperti antosianin, fenol, asam askorbat, dan flavonoid. Sedangkan bawang merah mempunyai senyawa radikal bebas paling tinggi dibandingkan bawang putih.

bawang-bombay
bawang bombay

Jika Bunda saat memasak menambahkan bawang-bawangan ini, maka akan sangat bagus untuk kehamilan.

2. Blueberry. Menurut suatu penelitian, blueberry memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi karena mengandung flavonoid, tanin, asam fenolik, vitamin K, vitamin C dan mangan.

 sumber-antioksidan
Sumber Antioksidan

Nutrisi yang terkandung dalam blueberry sangat bagus dan berkhasiat mencegah penyakit yang biasa dialami ibu dan janin selama masa mengandung.

3. Apel. Apel ini sangat terkenal kaya akan antioksidan yang tinggi. Hal itu karena adanya zat fitokimia yang terkandung dalam apel. Apel dipercaya bisa membantu mengurangi masalah pada bayi seperti berat badan lahir rendah pada bayi baru lahir.

Baca juga:  Kalkulator Menghitung Usia Kehamilan
apel
apel

Apel adalah buah yang sangat gampang didapat baik di penjual buah biasa maupun supermarket.

4. Daging tanpa lemak. Vitamin E dan selenium yang terdapat pada daging adalah salah satu jenis antioksidan tingkat tinggi. Daging tanpa lemak juga bagus dikonsumsi ibu hamil karena mengandung lemak omega 3, mineral dan vitamin.

daging
daging

Bersama-sama, mereka membantu mencegah komplikasi kehamilan seperti berat badan lahir rendah.

5. Teh hijau sebagai sumber antioksidan alami sudah dikenal luas. Senyawa antiosidan yaitu katekin terutama epigallocatechin-3-gallate (EGCG) sangat berperan penting. Fungsi karekin bisa mengurangi jumlah kolesterol dalam darah.

teh-hijau
teh hijau

Teh hijau juga bermanfaat dalam menjaga bertambahnya berat badan ketika masa hamil.

Selain manfaat-manfaat tadi, polifenol dalam teh membantu mencegah kerusakan akibat cedera oksidatif.

Baca juga Makanan yg baik untuk ibu hamil ya Bunda!

Air Mineral yang Bagus untuk Ibu Hamil

air-mineral-yang-bagus-untuk-ibu-hamil
Air Mineral yang Bagus untuk Ibu Hamil

Selain makanan, ternyata ibu hamil juga perlu cairan untuk tubuh. Lalu seperti apa sih air mineral yang bagus untuk ibu hamil?

Air mineral menjadi pilihan minuman yang bagus dikonsumsi supaya kebutuhan cairan ibu hamil dan menyusui tercukupi.
Air mineral sendiri adalah air minum yang berasal dari sumber air alami dengan berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan ibu hamil, misalnya magnesium dan kalsium.

Namun tidak semua air bagus untuk tubuh. Air minum yang bagus adalah air yang bisa menyehatkan, bisa membersihkan tubuh dari kelebihan asam yang bersumber dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Selain itu air putih yang bagus tidak menyebabkan perut cepat kembung walau banyak diminum.

Manfaat Antioksidan untuk Kulit

manfaat-antioksidan-untuk-kulit
Manfaat Antioksidan untuk Kulit

Penuaan dini menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Berbagai cara dilakukan untuk merawat kulit agar tetap kencang dan kerutan berkurang. Ada yang melakukannya dengan cara alami ataupun ada yang melakukan dengan cara lain.

Ternyata antioksidan ini bisa membantu menjaga kulit wajah lho!
Diantaranya dapat mengurangi kerutan. Jika kulit Bunda ingin kencang kembali maka konsumsi sumber antioksidan tinggi seperti bayam, plum, kenari dan blueberry.

Selain mengurangi kerutan, manfaat antioksidan untuk kulit yaitu dapat melindungi kulit kita dari sinar UV. Zat Antioksidan ini bisa menetralkan kerusakan di dalam sel akibat sinar UV.
Antioksidan juga dapat mengembalikan kulit yang rusak sehingga kulit Bunda terlihat awet muda.

Mengencangkan kulit. Dengan mengkonsumsi makanan atau minum minuman sehat yang mengandung zat antioksidan, bisa mencegah kulit dari penuaan yang terjadi lebih awal. Tekstur kulit pun terjaga.

Antioksidan juga bisa diperoleh dari air minum, namun tidak sembarang air minum. Misal air minum yang memiliki ph 8,5-9,5 dan bersifat basa serta memiliki molekul antara 5-6,
dimana jika dibandingkan air biasa, mempunyai molekul air yang besar yaitu 15 – 20 molekul.

Sumber Antioksidan

anti-oksidan
antioksidan

Di era sekarang ini, orang-orang mulai peduli bahwa manfaat antioksidan bagi tubuh bisa melawan radikal bebas seperti polusi udara, asap rokok, minuman keras, ozon, makanan dan air yang terkontaminasi racun dan pestisida dsb.
Karena itu berbagai sumber antioksidan dicari agar kesehatan bisa diwujudkan tanpa harus membeli obat.

Baca juga:  Tips Memilih Model Baju Hamil yang Nyaman dan Kekinian

Buah yang mengandung antioksidan contohnya buah tin, apel, pir, anggur, cermai, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, sukun, stroberi, dan jagung ungu.

Teh hijau. Masyarakat sudah sangat mengerti kalau teh hijau adalah sumber antioksidan yang tinggi. Hal itu karena teh hijau berisi zat katekin, asam galat, epigallocatechin gallate tinggi, epikatekin, dan zat lainnya. Teh hijau dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Air minum. Tentunya tidak semua jenis air minum bisa menjadi sumber antioksidan yang tinggi. Beberapa produsen air minum seperti produsen air alkali mengklaim bahwa air alkali memiliki sumber antioksidan yang tinggi dibanding air minum biasa.

Mungkin Bunda bertanya-tanya air alkali itu apa? Air alkali merupakan jenis air yang memiliki jumlah pH lebih tinggi daripada air minum kebanyakan. Air alkali memiliki kadar pH sekitar 8 hingga 9. Sedangkan air minum yang biasa kita konsumsi memiliki ph 7.

Apa itu Kangen Water?

 kangen-water
kangen water

Beberapa dari Bunda mungkin pernah mendengar kangen water atau dibaca kang-geng water ini berasal dari Jepang yang artinya kembali ke asal. Kangen water dipercaya memiliki sumber antioksidan yang lebih tinggi dari buah dan sayur.

Kangen Water sendiri adalah jenis air alkali yang dibuat oleh PT Enagic Indonesia dengan mesin kangen water khusus yaitu alat pembuat air alkali.
Kangen Water diklaim sebagai air yang lebih bagus untuk tubuh kita daripada air mineral biasa.

Harga mesin kangen water beragam mulai dari 30 hingga 60 jutaan disesuaikan dengan spesifikasinya.

Semakin banyak plat titaniumnya, maka semakin bagus.

Manfaat Kangen Water

mesin-kangen-water
mesin kangen water

Kangen water diklaim memiliki 3 keistimewaan yaitu memiliki sumber antioksidan yang tinggi, kedua memiliki ph 8,5-9,5 yang mana dipercaya sangat bagus bagi tubuh.
Dan manfaat kangen water ketiga air alkali ini memiliki sifat micro clustered .

Bunda pasti bertanya-tanya apa itu micro clustered? Jadi molekul air yang diproduksi oleh mesin kangen water lebih kecil dari air minum biasa dimana air biasa memiliki 15-20 molekul.
Sedangkan kangen water memiliki 5-6 molekul sehingga walaupun diminum banyak tetapi tidak menyebabkan kembung.

Karena berbagai kelebihannya itu, kangen water dipercaya oleh para penguna setianya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Kesimpulan

manfaat-antioksidan
manfaat antioksidan

Manfaat antioksidan bagi tubuh sangat banyak. Salah satunya bisa menangkal radikal bebas.
Untuk memenuhi asupan antioksidan dalam tubuh, kita perlu mengkonsumsi sumber antioksidan seperti buah-buahan, sayuran dan air minum.

Tidak semua jenis air minum memiliki kadar antioksidan yang tinggi.
Salah satu yang dipercaya memiliki sumber antioksidan yang tinggi adalah produk air dari kangen water karena air ini memiliki jenis air alkali.

Bagikan
, , , , , , , ,

3 komentar untuk “Manfaat Antioksidan bagi Tubuh, Ternyata Bagus untuk Ibu Hamil, Yuk Disimak!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *