Yuvenil

Yuk Kenali Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Kehamilan merupakan saat terindah yang dinantikan para wanita, maka ketika waktu itu datang para calon ibu harus menjaga janin dengan sepenuh hati. Asupan makanan pun harus dijaga selama masa kehamilan agar bayi dan ibu selalu sehat. Namun tidak semua makanan bisa dikonsumsi ketika hamil.

Ada yang boleh dan ada yang terlarang. Mengapa demikian? Karena saat ini di dalam perut bunda ada janin yang tak boleh sembarangan dalam memberikan asupan menu makanan.
Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat hamil muda.

makanan-yang-tidak-boleh-dimakan-ibu-hamil
Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Jika Bunda bingung makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil itu apa saja? Biasanya ketika konsultasi, dokter akan memberitahukan makanan yang dilarang saat hamil. Tetapi banyak dari kita yang tidak taat terhadap apa yang disarankan dokter tentang bahaya mengkonsumsi makanan yang memang dapat mengganggu terhadap kehamilan Bunda.

Nah inilah yang menjadi masalah bagi warga di negara kita, banyak yang kurang tahunya pemahaman mengenai makanan yang perlu dihindari saat hamil muda ini malah dikonsumsi. Lalu akan berakibat fatal jika makanan itu tetap dimakan seperti dapat mengganggu kesehatan terhadap janin yang dikandung dan bisa juga menyerang kesehatan Bunda.

Pada artikel kali ini akan dibahas makanan yang harus dihindari saat hamil muda. Mau tahu apa sajakah makanan tersebut? Yuk disimak.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

1. Makanan Mentah atau Setengah Matang

makanan-yang-perlu-dihindari-saat-hamil-muda
makanan yang perlu dihindari saat hamil muda

Penyebabnya adalah pada bahan pangan yang mentah ataupun setengah matang rawan terdapat kuman penyakit yang bisa menimbulkan infeksi. Seperti bakteri Listeria (yang dapat mengakibatkan kasus keguguran bahkan janin meninggal di dalam rahim), parasit Toxoplasma (kondisi janin bisa abnormal), bakteri Salmonella (mampu memicu adanya keguguran) dan bakteri E.coli (dapat merusak usus dan juga ginjal janin).

Boleh dikonsumsi? Boleh saja, asalkan telah dimasak secara benar-benar matang. Demi memastikan bahwa daging olahan di hadapan Bunda telah benar-benar matang, bisa juga menggunakan termometer yang khusus untuk daging.

Selain itu konsumsi ikan laut juga perlu dibatasi karena khawatir mengandung merkuri. Karena banyak kondisi laut sudah tercemar. Merkuri dapat menyebabkan kegagalan perkembangan otak pada bayi. Oleh karena itu, Bunda harus membatasi makan makanan laut.

2. Jenis Kafein dan Teh Herbal

pantangan-buat-ibu-hamil-muda
pantangan buat ibu hamil muda

Penyebabnya adalah kafein mampu menembus area plasenta yang dapat mempengaruhi detak jantung janin serta pada sistem pernapasannya. Minum kopi berlebih dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang kurang atau rawan keguguran.

Minuman yang mengandung kafein saat hamil juga harus dihindari. Karena berdasarkan studi dari Kaiser Permanente Division of research, mengkonsumsi 200 miligram atau setara dengan 2 cangkir kopi dan 5 kaleng soda yang mengandung kafein dalam sehari dapat meningkatkan resiko keguguran.

Terlebih apabila dikonsumsi pada trimester pertama karena itu merupakan masa paling rawan mengalami keguguran. Kafein menjadi pantangan makanan hamil trimester pertama.
Minuman yang aman bagi bunda, selain air putih, meliputi teh celup yang tidak dicampur kafein, tanpa perasa tambahan, dsb.

Baca juga:  14 Ciri Ciri Hamil Seminggu Yang Calon Ibu Harus Tahu

3. Menu Keju dan Produk Susu yang Belum Dipasteurisasi

makanan-yang-dilarang-saat-hamil
makanan yang dilarang saat hamil

Makanan yang harus dihindari saat hamil muda adalah keju dan produk susu yang belum dipasteurisasi. Penyebabnya adalah produk yang berasal dari susu mentah bisa membawa serta kuman di dalamnya seperti Salmonella, Listeria, E. coli, dan sebagainya.

Yang boleh dikonsumsi adalah jenis susu dan yogurt yang sebelumnya telah lebih dulu melalui proses pasteurisasi.

Tidak semua jenis keju baik untuk kehamilan. Jenis keju camembert, goat, frie, dan feta atau jenis keju yang berserat kemungkinan tidak melewati proses pasteurisasi. Proses ini bertujuan untuk mematikan bakteri.

Keju juga tidak diawetkan sehingga akan menimbulkan banyak resiko seperti bakteri yang akan menyebabkan keracunan makanan.

4. Pemanis Buatan

pantangan-makanan-hamil-trimester-pertama
pantangan makanan hamil trimester pertama

Penyebabnya adalah dapat menjadikan ukuran kandungan membesar akibat dari zat gula berlebih yang diserap oleh tubuh. Istilah umumnya adalah bayi raksasa.
Pemanis buatan boleh dikonsumsi asalkan tetap dalam batas wajar saja. Seperti aspartam, sakarin dan juga splenda tetap boleh dikonsumsi.

Sebisa mungkin hindarilah minuman yang mengandung gula tinggi. Dan yang lebih baik adalah banyak minum air putih ataupun jus buah segar.

5. Minuman Bersoda

minuman-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
Minuman yang dilarang untuk ibu hamil

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil adalah minuman bersoda. Pada dasarnya memang soda mengandung suatu zat kimia yang dimana jika dikonsumsi oleh seorang ibu hamil akan mengakibatkan keguguran pada saat janin berada di dalam rahim ibu.

Selain itu juga bahaya dari minum soda adalah mampu menghancurkan Vitamin B didalam tubuh yang merupakan vitamin penting untuk ibu hamil.

6. Makanan Siap Saji

makanan-yang-tidak-boleh-dimakan-saat-hamil
makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil

Ada beberapa makanan siap saji yang cepat dan instan untuk memakannya. Namun dalam ilmu kedokteran makanan ini harus dihindari oleh seorang ibu hamil. Bersifat bahaya bagi kehamilan karena di dalam makanan baku itu tersisipkan bahan pengawet.

Mie instant menjadi salah satu pantangan makanan hamil trimester pertama karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih akan membuat Bunda menyesal di kemudian hari.

7. Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat hamil muda. Mie instan yang memang sangat menggoda bagi setiap orang, apalagi di dalamnya tersimpan banyak rasa yang memang membuat semua orang merasa ketagihan.

Namun perlu Bunda tahu bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi mie instan dilarang karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Bahkan jika ada kesalahan dalam pengolahan mi instan seperti memasak bumbu mie bersama dengan mie akan sangat berpotensi menimbulkan kanker karena bahan mie serta kandungan bumbu jika dipanaskan diatas suhu 120 C, akan membentuk karsinogen yang tidak lain pembentuk kanker.

8. Daging Dingin

Daging dingin yang sering dijumpai di supermarket juga lebih baik dihindari karena jika penyimpanannya tidak benar akan dengan mudah terkontaminasi bakteri. Lebih baik cari daging segar tanpa pengawet.

9. Alkohol

minuman-yang-harus-dihindari-saat-hamil
minuman yang harus dihindari saat hamil

Alkohol tentunya minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Bahkan pada tahun 2005 US Surgeon General mengeluarkan pernyataan yang mendorong semua wanita dan tentunya wanita hamil untuk menghindari konsumsi alkohol.

Baca juga:  10 Perlengkapan Bayi yg Harus Disiapkan Menjelang Kelahiran, Jangan Sampai Terlewat!

Tidak hanya makanan yang dilarang saat hamil, ternyata beberapa jenis minuman memang perlu dihindari bahkan tidak dengan minum sama sekali. Centers for Disease Control and Prevention menyatakan alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil dan bayi karena alkohol akan langsung diterima plasenta.

Wanita yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol berisiko tinggi sang bayi menderita alcohol spectrum disorder yang dapat mengakibatkan berbagai efek. Mulai dari kesulitan belajar ringan hingga berat, kelainan fisik, serta kelainan sistem saraf pusat.

bolehkah-ibu-hamil-makan-sushi
Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi

Bolehkah ibu hamil makan sushi? Untuk Bunda penggemar sushi pasti bertanya-tanya. Banyak pakar yang melarang ibu hamil makan sushi. Apa sebabnya?
Peneliti dari Rochester University menjawab pertanyaan mengenai larangan makan sushi bagi ibu hamil. Mereka mencermati perkembangan sebanyak 1.200 lebih ibu hamil yang berada di Republic of Seychelles. Penelitian dilakukan sampai anaknya berumur 20 bulan.

Negara Seychelles adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia. Para penduduknya diketahui lebih banyak memakan ikan ketimbang kebanyakan orang Amerika Serikat. Apalagi makan sushi.

Di sana, wanita hamilnya makan hingga 12 ikan dalam seminggu. Pada asam lemak di tubuh ikan, diketahui mampu melindungi organ otak anak dari bahaya efek merkuri. Selain itu, ibu yang rutin makan ikan, memiliki anak dengan keterampilan motorik yang bagus.

Mengetahui hal ini, Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat mengeluarkan rekomendasi yang menguatkan temuan itu. Mereka merekomendasikan kepada wanita hamil agar makan tak lebih 12 ons ikan setiap seminggunya.

Sedangkan dari Teratologis yakni Robert Felix, menjelaskan bahwa pada wanita hamil sebaiknya tidak perlu memakan menu ikan mentah ataupun yang kurang matang sebab adanya berbagai alasan.

Contohnya adalah pada menu sushi. Hal ini karena pada sushi apabila tak diolah secara benar, salah-salah akan menyebabkan serangan infeksi parasit, kontaminasi bahaya bakteri ataupun zat lain yang rawan mengandung zat merkuri dengan tingkat tinggi.

Kemudian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang berkantor di Amerika Serikat pun mengeluarkan rekomendasi tentang wanita hamil supaya hanya makan ikan yang sebelumnya telah dimasak matang minimal 145 derajat Fahrenheit.

Lebih baik makan ikan matang ketimbang sushi ya bunda. Kalaupun tetap mau makan sushi, ibu hamil boleh makan sushi asalkan ikannya matang.

Kesimpulan

makanan-yang-harus-dihindari-saat-hamil-muda
Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Itulah informasi lengkap mengenai makanan yang harus dihindari saat hamil muda. Bunda harus disiplin menghindari makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil untuk menjaga kesehatan Bunda dan janin. Bunda tidak mau bukan terjadi apa-apa pada si buah hati.

Asupan makanan pun harus dijaga selama masa kehamilan agar bayi dan ibu selalu sehat. Konsumsilah makanan yang harus dikonsumsi saat hamil muda seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur.

Selama hamil 9 bulan tahanlah untuk tidak memakan yang tidak disarankan seperti daging atau ikan mentah, minuman bersoda, makanan cepat saji dsb.
Dengan begitu, Bunda pun tidak akan merasa was-was selama masa kehamilan dan janin pun akan tumbuh dengan baik. Semoga!

Bagikan
, , , , , , ,

9 komentar untuk “Yuk Kenali Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda”

  1. Rudi Bagoskoro

    Saya sebagai suami wajib tahu hal seperti ini. Informasi yang penting untuk pasangan baru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.