Yuvenil

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Pikiran seperti, “Bagaimana saya bisa membawa anak saya ke dunia ini?” adalah hal yang wajar dimiliki oleh seorang wanita hamil. Bahkan orang yang paling berkepala dingin pun mungkin terguncang oleh hal tersebut.
Hal seperti ini mungkin tampak bencana bagi wanita yang cenderung atau hidup dengan rasa khawatir. Tetapi ada banyak hal yang dapat Bunda lakukan untuk menghilangkan stres saat hamil.

cara-menghilangkan-stres-saat-hamil
Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

Beberapa di antaranya mungkin tidak terpikirkan oleh Bunda, untuk melindungi kesehatan emosional selama masa-masa sulit. Cara menghilangkan stres saat hamil juga penting Bunda diskusikan dengan orang terdekat.

Bahkan dalam keadaan yang sulit, wanita hamil dapat tetap sehat secara emosional dengan menerima bahwa emosi yang kuat adalah wajar dan berusaha mengurangi stres.

Jangan ragu untuk berbicara dengan dokter jika Bunda mengalami emosi yang berlebihan karena suasana hati ibu hamil mempengaruhi janin.
Ibu hamil stres pengaruh ke janin itu berbahaya jadi harus ditangani sejak awal bagaimana cara mengatasi stres saat hamil.

Ibu Hamil Banyak Pikiran

Sebagian besar wanita hamil (dan suaminya) telah mendengar dan mengetahui bahwa setelah anak lahir mungkin sangat sulit secara emosional bagi ibu. Biasanya ibu hamil banyak pikiran,
termasuk masalah waktu setelah melahirkan nanti.

Apa yang kurang umum diketahui adalah waktu peningkatan risiko : Faktanya, antara 10 hingga 20 persen wanita cenderung mengalami depresi klinis selama kehamilan
– persentase yang sama yang berisiko setelah melahirkan (Underwood, Waldie, D’Souza, Peterson, & Morton, 2016).

Oleh karena itu, penting mencari jawaban cara menghilangkan stres saat hamil.

Mengapa kehamilan merupakan waktu yang sensitif? Bunda yang sedang hamil tahu betul bahwa kehamilan bisa menjadi suatu reaksi emosional yang tinggi, seperti Bunda menjadi cepat marah, lebih sering berteriak atau menangis (atau keduanya).

Bahkan ketika kandungan semakin besar, stres saat hamil trimester 2 juga dialami para Bunda.

Atau Bunda menjadi lebih peka terhadap hal-hal yang tidak pernah disadari (seperti bagaimana bau kulkas, bau makanan, atau bau parfum) dan tiba-tiba menjadi terganggu olehnya.

Perubahan-perubahan ini sebagian dijelaskan oleh perubahan yang dialami wanita selama kehamilan. Perubahan hormon ini bukan hanya “efek samping” dari kehamilan, melainkan bagian dari apa yang membantu otak wanita berubah dan menjadi lebih beradaptasi dengan menjadi ibu.

ibu-hamil-banyak-pikiran
Ibu Hamil Banyak Pikiran

Jadi bagaimana wanita berubah selama kehamilan? Penelitian menunjukkan bahwa wanita sudah menjadi lebih tertarik dan penuh perhatian terhadap bayi selama kehamilan. Contoh peningkatan tersebut ditemukan ketika meneliti reaksi wanita hamil dan tidak hamil terhadap wajah bayi.
Lucunya, wanita hamil dan tidak hamil sama-sama melihat bayi yang bahagia untuk waktu yang sama. Namun, ketika bayi sedang kesal, wanita hamil merasa sulit untuk berpaling dari mereka.

Perhatian yang meningkat terhadap kesusahan bayi ini adalah sesuatu yang mungkin membantu wanita merawat bayi mereka sendiri dengan lebih baik karena ini adalah cara bayi untuk memberi sinyal bahwa mereka membutuhkan bantuan dan perhatian.

Tetapi apa yang terjadi pada peningkatan perhatian ini ketika wanita hamil mengalami depresi? Dalam beberapa penelitian, wanita hamil yang mengalami depresi menunjukkan penurunan (bukannya peningkatan) perhatian terhadap wajah bayi – terutama jika bayi dalam keadaan tertekan (Rutherford, Graber, & Mayes, 2016).

Baca juga:  10 Merk Obat Penambah Darah Untuk Ibu Hamil Yang Terbaik & Aman

Ketika mereka melihat bayi yang tertekan, reaksi mereka menurun dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak depresi.

Kabar baiknya adalah jika berhasil mengatasi stres saat hamil yang menunjukkan betapa pentingnya untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan ibu baru, sehingga mereka dapat merawat bayi mereka.

Bagaimana kita dapat mengidentifikasi depresi pada diri kita sendiri, teman, dan pasangan? Depresi, bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan banyak orang, tidak selalu berarti Bunda menangis sepanjang waktu dan tidak bisa bangun dari tempat tidur.

Faktanya, banyak orang yang menderita depresi “bersembunyi di depan mata” dan bahkan mungkin tidak menyadari bahwa apa yang mereka alami adalah masalah signifikan yang harus diobati. Cobalah cari cara agar tidak stres saat hamil atau cara menghilangkan pikiran negatif saat hamil.

Itu dapat membantu menghilangkan stres saat program hamil.

cara-menghilangkan-stres-saat-program-hamil.
cara menghilangkan stres saat program hamil

Jadi seperti apa depresi itu? Ini adalah kombinasi dari lima (atau lebih) gejala berikut:

Meskipun setiap orang mengalami beberapa gejala ini dari waktu ke waktu, jika gejala-gejala ini terjadi dalam jangka waktu yang lama (lebih dari dua minggu di mana orang tersebut merasa seperti ini hampir sepanjang waktu).

Yang terbaik adalah mencari tahu cara menghilangkan stres saat program hamil dari seorang profesional kesehatan mental. Ingat, merawat ibu akan membantu ibu dan bayinya .Bahaya Stres Pada Ibu Hamil bisa berdampak besar pada bayi itu sendiri.

Berapa banyak wanita yang sedang hamil atau pada tahun pertama berkembang ? Jumlahnya cukup tinggi-sekitar 1 dari 7 orang.

Setiap wanita hamil dan pascapersalinan harus menyadari bahwa potensi untuk mengalami depresi selama periode waktu ini ada dan terlebih lagi, mereka yang memiliki faktor risiko untuk itu.

Begitu depresi terjadi, diperlukan waktu 1-2 bulan untuk menghilangkan stres saat hamil 9 bulan dengan pengobatan. Dua bulan itu tidak hanya menyebabkan penderitaan bagi ibu tetapi mungkin berdampak negatif pada ibu dan bayinya.

Misalnya, jika ibu hamil kehilangan dan tidak makan dengan baik (kebalikan dari situasi yang biasa terjadi selama kehamilan). Salah satu bahaya stres pada ibu hamil, sang bayi mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan janin saat tumbuh.

Jika Bunda mengalami depresi setelah kelahiran, kita mungkin tidak dapat berinteraksi dengan bayi. Bunda pasti tidak mau kan hal itu terjadi, jadi penting untuk Bunda dan suami berkonsultasi mencari cara menghilangkan stres saat hamil.

Tips Menghilangkan Stres Saat Hamil

tips-menghilangkan-stres-saat-hamil
tips menghilangkan stres saat hamil

Situasi yang sulit secara emosional mungkin muncul selama kehamilan. Mungkin sepertinya tidak ada banyak ruang tersisa untuk Bunda karena merasa seolah-olah bayi mengambil semua ruang fisik dan mental.
Salah satu cara menghilangkan stres saat hamil diantaranya Bunda dapat melakukan banyak hal untuk menjaga ketenangan jiwa dan melindungi kesehatan mental. Jangan pernah mendengarkan seseorang yang menyarankan bahwa Bunda harus mentolerir perasaan karena itu sesuatu yang wajar. Sama sekali tidak!

Bunda masih bisa berada dalam kesehatan mental yang baik meskipun ada perubahan yang Bunda alami. Apa yang harus dilakukan? Semua orang menyukai perubahan kehamilan yang baik, jadi berikut ini beberapa tips menghilangkan stres saat hamil:

Rilekskan Tubuh

rilekskan-tubuh.
Rilekskan Tubuh

Jika Bunda hanya memiliki waktu luang lima menit, Bunda dapat mengoksidasi darah dan mendapatkan kembali ketenangan bahkan jika Bunda tidak punya waktu selama 30 menit.

Mainkan Beberapa Musik

mainkan-beberapa-musik
Mainkan Beberapa Musik

Cara menenangkan pikiran saat hamil bisa dengan sekedar mendengarkan musik. Wanita yang mendengarkan musik dapat menenangkan saat mereka hamil. Sehingga memiliki tingkat stres yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat? Pastikan di Sini

Lebih Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Jika Bunda tidak menyukai musik, cara mengurangi stres saat hamil bisa dengan lebih berserah diri kepada Tuhan misal untuk muslim dengan memperbanyak shalat, berdoa dan berdzikir.

Tentu saja dengan mengingat Tuhan, tentu akan lebih membuat hati tenang dan damai. Sehingga stres saat hamil 5 bulan ataupun hingga 9 bulan pun dapat dihindari.

Berjalan-jalan

berjalan-jalan
Berjalan-jalan

Cara mengatasi stress saat hamil bisa dilakukan dengan berjalan santai.

Jalan-jalan yang sehat dapat menjernihkan pikiran.Selain itu bisa mengurangi kebosanan, membuat mood kembali bagus dan kembali bersemangat menjalani masa kehamilan.

Support Sistem yang Baik

support-sistem-yang-baik
Support Sistem yang Baik

Ketika Bunda sedang stres atau depresi, teman yang menjadi support sistem lah yang akan mengangkat Bunda dari masalah. Teman yang baik tidak akan meninggalkan ketika Bunda sedang berada di titik terendah dan depresi.

Berendam di Kamar Mandi

Air memiliki efek relaksasi dan seperti yang semua orang tahu, meditasi dan air bergabung sepanjang masa, Jika tidak mempunyai tempat memadai untuk bermeditasi? Lakukan saja di bak mandi dan lihat apa yang terjadi.
Untuk relaksasi ekstra, tambahkan lilin dengan wangi aromatik yang khas.

Mencurahkan Isi Hati di Buku Diary

buku-diary
Buku Diary

Bunda dapat melepaskan semua emosi yang terpendam dalam tubuh dan pikiran Bunda hanya dalam waktu lima menit dengan menulis di buku harian.
Atur timer, lalu mulailah menulis tanpa berhenti atau mengedit apa yang Bunda katakan. Semua coretan, huruf balok, dan tanda seru dapat diterima.
Tujuannya adalah untuk mengekspresikan diri Bunda dan membiarkan emosi itu keluar.

Mengapa Suami Harus Memijat Istri yang Sedang Hamil

memijat-istri-yang-sedang-hamil
Memijat Istri yang Sedang Hamil

Stres saat hamil anak kedua ataupun yang pertama dapat merusak mental ibu dan anak. Pijat mungkin bermanfaat bagi pasangan yang sedang hamil.

Menerima dan memberikan pijatan dapat mengatasi stres saat hamil secara signifikan. Pijat antara pasangan yang saling mencintai tidak hanya meningkatkan emosi koneksi,
tetapi juga memberikan berbagai keuntungan kesehatan bagi ibu.

Berikut adalah hal-hal baik yang terjadi ketika ibu hamil mendapatkan pijatan:

Pijat adalah metode yang luar biasa untuk bersantai dan merasa sangat rileks bagi sebagian besar individu. Wanita mungkin berpendapat bahwa keuntungan ini bahkan lebih penting selama kehamilan, persalinan, dan masa pemulihan.

Pijat menstimulasi pembentukan oksitosin dan endorfin dalam tubuh, yang membantu produksi ASI dan mengurangi rasa sakit dan penderitaan fisik. Dari sudut pandang psikologis, pijatan membuat ibu lebih bahagia dan tidak terlalu cemas tentang melahirkan.

Memberikan pijatan kepada pasangan yang sedang hamil adalah cara yang luar biasa untuk menunjukkan cinta dan dukungan Bunda, ditambah lagi Bunda akan merasakan manfaat terapi pijat secara langsung. Dan pijat juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres saat hamil.

Kesimpulan

bahaya-stres-pada-ibu-hamil
bahaya stres pada ibu hamil

Bunda dapat menjaga kesehatan mental ketika sedang hamil dengan mengambil langkah-langkah kecil dari cara menghilangkan stres saat hamil di atas.
Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai sesuatu yang tidak biasa.

Untuk Bunda yang sedang hamil atau masih menjalankan program untuk hamil, hindari stres karena bisa menyebabkan susah hamil, stres menghambat kehamilan.

Lebih baik berpikir positif agar cepat hamil. Jadi Bunda jangan stres kalau ingin hamil ya.  Bunda yang sedang menjalani kehamilan pun diibawa bahagia dan menikmati saja di setiap prosesnya.

Bahkan berbelanja baju hamil pun bisa menghilangkan stres saat hamil lho!

Bagikan
, , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *