Yuvenil

Cara Memperbanyak Air Susu Ibu yang Wajib Diketahui

Setelah melahirkan, tentunya menyusui menjadi tugas utama anda sebagai ibu. Mengetahui cara memperbanyak air susu ibu menjadi hal yang diperhatikan ibu menyusui. Karena hanya itulah satu satunya asupan untuk bayi baru lahir.

ASI adalah makanan pokok dan wajib untuk si kecil sampai berusia enam bulan, sebab hanya ASI lah yang sangat sesuai dengan pencernaan bayi baru lahir.

ASI eksklusif adalah makanan yang direkomendasikan untuk diberikan kepada anak dari mulai lahir hingga berusia enam bulan. Dan selama itu bayi tidak menerima makanan lain selain dari ASI. Jadi pemberian asi eksklusif diberikan selama enam bulan. Namun tetap dapat diteruskan hingga 2 tahun sambil didampingi MPASI.

cara-memperbanyak-air-susu-ibu
Cara Memperbanyak Air Susu Ibu

Pencernaannya yang belum sempurna membuat bayi hanya mampu mengkonsumsi makanan cair yakni susu. Bukan berarti anda tidak dapat memberikan sufor kepada bayi, namun ASI merupakan susu terbaik bagi bayi karena kandungannya yang kompleks.

Ada banyak cara memperbanyak asi, salah satunya dari makanan. Berikut makanan yg memperbanyak asi:

Makanan Pelancar ASI

Makanan pelancar ASI sangat diperlukan supaya ASI ibu banyak sehingga kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi. Oleh karena itu sebaiknya Bunda mengkonsumsi Makanan pelancar ASI. Berikut ini 6 jenis makanan tersebut :

1. Sayur Penambah ASI

sayur-penambah-asi
Sayur Penambah ASI

Cara memperbanyak air susu ibu salah satunya adalah dengan sayuran. Sayur penambah ASI jelas kaya akan nutrisi yang baik. Bunda dapat mengkonsumsi berbagai macam sayuran seperti daun katuk untuk ASI, brokoli, labu, kacang-kacangan dan aneka sayuran lain. Itu semua adalah bahan pelancar ASI alami.

2. Buah Pelancar ASI

buah-pelancar-asi
Buah Pelancar ASI

Selain sayuran, buah pelancar asi juga baik bagi ibu menyusui karena kandungan seratnya yang banyak sehingga dapat menjadi sumber kalori yang sehat bagi ibu.
Buah yg bagus untuk ibu menyusui adalah apel, pepaya, mangga dan lain sebagainya.

3. ASI Booster Alami

Selain sayuran dan buah-buahan, cara memperbanyak air susu ibu adalah dengan mengonsumsi buah kering seperti kismis dan kurma. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang cukup tinggi pada buah kering tersebut, yang mana dapat membantu membangun kalori di dalam tubuh ibu.

Baca juga:  9 Kado Bayi yang Bermanfaat Sampai Besar
asi-booster-alami
asi booster alami

Kismis dan kurma adalah salah satu ASI booster Alami dan bisa dijadikan cemilan penambah ASI.

Selain itu biji-bijian seperti kacang hijau, kacang merah, gandum dan beras merah juga baik bagi ibu menyusui sebagai ASI booster terbaik. Hal ini dikarenakan biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks yang penting untuk bekal ibu dalam menyusui.

4. Ikan Sebagai Makanan Penambah ASI

makanan-pelancar-asi
Makanan Pelancar ASI

Makanan pelancar ASI berikutnya adalah ikan. Hal ini disebabkan karena ikan mengandung lemak esensial yang baik bagi tubuh ibu. Untuk menambah cita rasa ikan ketika dimakan, Bunda dapat menambahkan sedikit rempah-rempah ketika memasaknya.

5. Susu Pelancar ASI

susu-pelancar-asi
Susu Pelancar ASI

Selain sayuran, buah, biji-bijian serta ikan, susu pelancar ASI juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena kandungan gizinya. Hal ini dapat membantu memperlancar produktifitas ASI.
Produk susu untuk ibu menyusui yang sebaiknya dikonsumsi adalah susu sapi, yogurt, keju, dan juga mentega.

6. Teh ASI

teh-asi
Teh ASI

Teh ASI dengan tambahan herbal seperti rempah-rempah, jahe, chamomile atau peppermint merupakan minuman tambahan yang disarankan bagi ibu menyusui. Hal ini lebih disarankan daripada mengkonsumsi minuman dengan bahan pengawet atau bahkan minuman bersoda. Teh ASI dengan rempah bisa menjadi salah satu cara memperbanyak ASI secara alami.

Manfaat ASI

 manfaat-asi
Manfaat ASI

Ada banyak manfaat ASI baik buat ibu ataupun untuk bayi. Diantaranya:

Manfaat ASI bagi Bayi:

1. Air susu ibu mengandung gizi ideal yang komplit untuk bayi. Pemberian Tuhan memang tidak ada duanya. Kandungan ASI sudah semuanya diperlukan bayi, seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral dll.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi. ASI merupakan zat yang mengandung kekebalan yang bisa memproteksi bayi dari berbagai penyakit. Parasit, jamur, bakteri, virus semua dapat ditangkis oleh colostrums . Colostrums sendiri adalah makanan awal yang menetes dari payudara Bunda. Berisi zat kekebalan berkali kali lipat lebih banyak dari susu formula.
3. Bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan bayi dan membersihkan ususnya.
4.Dapat mempererat bonding atau hubungan emosional antara ibu dan bayi. Ketika proses menyusui langsung, bayi akan merasakan cinta dari sang Ibu dari sentuhan dan pelukan.

Manfaat ASI bagi Ibu:

1. Meminimalisir kanker ovarium dan payudara
2. Sebagai kontrasepsi alami
3. Membantu rahim kembali ke bentuk awal

Baca juga:  19 Mitos Ibu Menyusui Yang Sering Membingungkan Kita

Karena manfaatnya sangat banyak, maka sebagai ibu kita harus mencari tahu cara memperbanyak air susu ibu agar bayi kita tidak kekurangan ASI. WHO pun sangat menganjurkan pemberian ASI eksklusif.

ASI Tidak Keluar

Soal manfaat pemberian ASI dan keutamaan ASI, tidak banyak yang memungkirinya. Akan tetapi, masih belum banyak yang mengetahui jika kondisi ibu yang tertekan bisa menjadi penyebab ASI tidak keluar.

“Di hari – hari ini, masih saja ada ibu yang tak cara mengeluarkan asi, dalam menyusui si bayi lantaran perasaan yang tertekan,” tutur dr. Utami Roeslidi di acara Gathering media bertajuk ‘Puncak Perayaan Pekan ASI Global di Tingkat Nasional’’.

Menurut dr Utami, keuntungan dari kegiatan menyusui bagi si ibu adalah kualitas hidupnya yang akan menjadi lebih baik. Ini jika dibandingkan dengan yang tidak menyusui.
Banyak sekali penelitian yang telah membuktikan, kalau ibu yang memilih untuk menyusui sendiri bayinya memiliki kondisi psikis yang tenang, terhindar dari resiko penyakit seperti jantung dan kanker, serta daya tahan tubuhnya meningkat.

Namun, dalam hal ASI tidak lancar, tak melulu karena kesalahan si ibu. Orang-orang di sekitar ibu pun bisa jadi penyebab asi kering. Ya, penyebab si ibu merasa tertekan. Seperti misalnya sikap suami, ibu mertua, atau saudara ipar.

Selain juga perawat yang ikut menentukan keberhasilan bagi ibu bisa menyusui, ada pula dokter yang memiliki pendapat, dari semua faktor tadi, ruangan ibu ketika melahirkan juga dapat mempengaruhi ASI tidak keluar. Atau pada ibu karir, tak tersedianya ruang ASI yang representatif bisa membuat ibu yang aktif bekerja tak dapat menyusui, atau minimal memerah dan menyimpan ASI miliknya.

Kesimpulan

cara-memperbanyak-asi
cara memperbanyak asi

Cara memperbanyak air susu ibu harus dipelajari ketika ibu masih mengandung. Manfaat asi eksklusif sangat banyak baik buat bayi maupun ibu. Pemberian asi eksklusif diberikan selama enam bulan.

Ketahui makanan yg memperbanyak asi agar asi banyak dan melimpah. Banyak jenis makanan yang bisa menjadi ASI booster alami.

Selain mempersiapkan ASI, perlengkapan untuk bayi baru lahirjuga perlu diperhatikan. Cek daftar perlengkapan bayi baru lahir di sini.

Yuk, ajak serta seluruh keluarga untuk mendukung Bunda dalam memberikan ASI yang terbaik bagi buah hati. Dan minimalisir segala hal yang menjadikan ASI tidak keluar.

 

Bagikan
, , , , , , ,

12 komentar untuk “Cara Memperbanyak Air Susu Ibu yang Wajib Diketahui”

  1. Nugraha Nunu

    Sebagai calon suami dan calon bapa nantinya. saya harus tahu ilmu seperti ini. Untuk mendukung istri saya nanti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.