Yuvenil

Cara Memijat Bayi yang Benar agar Si Kecil Rileks

Pijat merupakan tradisi yang belum ditinggalkan hingga saat ini. Pijat dilakukan pada tubuh apabila terasa lelah. Pijat berguna untuk meluruskan kembali otot-otot yang tegang agar tidak lagi terasa pegal.

Kebiasaan pijat ternyata tidak hanya diperlukan orang dewasa, tetapi juga bayi. Pijat bayi saat ini sudah umum dilakukan, bahkan ada beberapa salon yang membuka praktek khusus untuk bayi seperti spa bayi.

Ada-ada saja memang, tetapi kita juga tidak bisa memijat bayi sembarangan, salah-salah malah membuat si kecil tidak nyaman, kesakitan, atau malah menimbulkan masalah baru. Bunda harus tahu cara memijat bayi yang benar.

cara-memijat-bayi
cara memijat bayi

Bunda mungkin bingung, kenapa bayi membutuhkan pijat? Pijat pada bayi dilakukan untuk menjaga kesehatan. Manfaat baby massage diantaranya dapat melancarkan sistem pencernaan, melancarkan sistem pernapasan, dan membuat bayi merasa nyaman.

Si kecil memang mempunyai kebutuhan yang berbeda dari orang dewasa karena seluruh organ tubuh dan sistem kerja anggota tubuhnya belum sempurna.

Oleh karena itu cara memijat nya pun berbeda. Bunda harus berhati-hati dan lakukan pemijatan saat si kecil tenang. Usahakan bayi belum terlalu mengantuk dan putar musik lembut saat mulai memijatnya.

Teknik Memijat Bayi

teknik-memijat-bayi
teknik memijat bayi

Ada beberapa teknik memijat bayi yang benar diantaranya dengan memijat bagian kaki, punggung, perut, dan telapak tangan. Namun secara umum pijat bisa dilakukan di atas pangkuan Bunda.

Caranya siapkan selimut sebagai alas di atas pangkuan Bunda lalu taruh si kecil di atasnya. Lakukan gerakan dengan lembut dan gunakan minyak lembut untuk melicinkan gerakan pijat, seperti baby oil atau minyak zaitun.

Untuk gerakan pendahuluan, cara memijat bayi adalah Bunda bisa lakukan peregangan. Caranya adalah pegang kedua kaki dan lutut bayi lalu tempelkan sampai perut, lalu pegang kedua kaki dan lutut.

Putar-putar ke kiri dan kanan agar pinggulnya lemas dan tidak kaku.

Gerakan massage yang kedua adalah pijat kakinya dengan cara usap dari jari hingga ke pinggul, kemudian gunakan jempol Bunda untuk memijat telapak kakinya.

Cara memijat bayi berikutnya yaitu perut bayi dipijat dari arah iga ke bawah, dari kanan ke kiri lalu turun ke bawah, kemudian lakukan gerakan melingkar seperti huruf u dimulai dari sisi kanan atas bayi dan berakhir di sisi kiri atas bayi.

Untuk memijat lengan, lakukan seperti ketika Bunda memijat kaki. Lakukan dimulai dari jari-jari hingga ke pangkal lengan secara perlahan, kemudian usap telapaknya menggunakan jempol.

Selanjutnya cara memijat punggung. Bayi ditelungkupkan di atas kaki Bunda dan gerakkan tangan Bunda naik turun dari atas punggung hingga ke pantatnya.

Baca juga:  6 Cara Memberi Nama Anak Yang Bagus Agar Tidak Menyesal

Terakhir, pijat di bagian kepala dan wajah bayi. Cara memijat kepala bayi yaitu ujung jari Bunda memijat kulit kepala bayi. Untuk wajah bisa Bunda mulai dari alis, kelopak mata yang tertutup, lalu pijat dari arah hidung menuju ke pipinya dan terakhir pijat dagunya dengan putaran-putaran kecil. Itulah cara memijat bayi yang benar.

Cara Memijat Bayi agar Cepat Tidur

cara-memijat-bayi-agar-cepat-tidur
Cara Memijat Bayi agar Cepat Tidur

Kenapa Bayi Susah Tidur?

Gangguan tidur sering terjadi pada bayi. Bayi pada dasarnya juga bisa mengalami hal yang sama seperti yang dialami orang dewasa. Seperti misalnya susah tidur atau gangguan tidur.

Bunda jangan pernah menganggap sepele terhadap gangguan ini. Apalagi jika masalah ini terjadi terus menerus.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab anak susah tidur. Umumnya hal ini terjadi, memang saat bayi sedang menderita sakit seperti flu, demam, tumbuh gigi atau karena faktor lingkungan yang berisik, mampu menjadi faktor penyebab gangguan tidur pada bayi.

Bayi baru lahir hingga 6 bulan rata-rata menghabiskan waktu untuk tidur berkisar 16 jam sehari. Tidur bagi bayi, sangat penting. Sama pentingnya bagi seorang dewasa.

Saat tertidur tubuh tidak hanya sekedar istirahat, namun juga sedang menjalankan berbagai hormon yang penting dalam pertumbuhannya. Jika bayi mengalami gangguan tidur yang berkepanjangan, hal tersebut bisa memberikan efek negatif pada perkembangan tubuhnya.

Agar bayi cepat tidur, Bunda tentu akan melakukan segala cara demi kenyamanan si anak. Selain itu bunda juga bisa ikut beristirahat jika bayi tidur nyenyak.

Salah satu caranya adalah dengan pijatan bayi. Pijat bayi bisa membuat bayi merasa rileks, nyaman, dan aman. Pijat juga bisa membuat bayi mudah tertidur.

Manfaat Pijat Bayi Sebelum Tidur

1. Mengurangi Pegal
Bayi seringkali digendong oleh banyak orang. Entah itu neneknya, tetangganya, saudara atau teman. Karena sering berpindah tangan itulah bayi kadang menjadi rewel dan badannya tidak enak. Dengan dipijat bisa mengurangi rasa pegal sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak.

2. Membuat tidur lebih nyenyak.
Ketika dipijat tubuh bayi akan terasa rileks. Itu membuat bayi lebih tenang dan tidak rewel. Jika bayi tidak menangis erlebihan maka tidurnya pun akan lebih berkualitas. Dengan pijatan, itu akan membuat dia tidur dengan lelap dant idak mudah terbangun.

3. Mengurangi masalah pencernaan
Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah salah satunya dengan pijatan. Pijatan pada bayi ternyata dapat mengurangi resiko sakit perut, kembung dan sembelit karena pijatan bisa melancarkan usus dan pencernaan. Apalagi sistem pencernaan pada bayi belum sempurna.

Pijat ini juga cocok untuk bayi yang mulai menginjak mpasi.

Cara Memijat Kepala Bayi

Coba Bunda angkat bagian belakang kepala si kecil lalu usaplah rambut dan kulit kepalanya memakai jari. Lalu, gosok dengan lembut kupingnya serta alis mata bayi.

Baca juga:  Yuk Ajarkan Cara Menggosok Gigi yang Benar pada Anak !

Lanjutkan menuju wajah dengan menekan sedikit dari kening menuju ke pelipis dan pipi bayi. Setelah itu, Bunda mulai memijat daerah mulut bayi sembari melakukan gerakan menarik bibir. Dilanjutkan dengan pijatan halus di area rahang bawah bayi dari tengah menuju samping.

Cara Memijat Perut Bayi

cara-memijat-perut-bayi
cara memijat perut bayi

Perut bayi juga menjadi area yang sering dipijit. Caranya taruh kedua tangan di atas perut bayi, lalu lakukan gerakan memutar dimulai dari atas ke bawah perut.

Kaki bayi diangkat, dan tekuk kedua lututnya perlahan-lahan ke arah perut. Dorong searah jarum jam.
Memijat di bagian perut ini bisa mengurangi sembelit. Caranya dengan melakukan pijatan menyerupai huruf I yaitu gunakan tangan bunda untuk memijat perut bayi sebelah kiri ke arah bawah lurus seperti huruf “I”.

Lalu Bunda pijat lembut bayi membentuk huruf “L” terbalik. Lakukan pijatan dari perut menuju kanan atas, setelah itu lanjutkan sebelah kiri atas bagian perut dan dilanjutkan ke arah bawah perut. Tidak terlalu sulit bukan?

Cara Memijat Punggung Bayi yang Benar

cara-memijat-punggung
cara memijat punggung

Punggung bayi juga menjadi salah satu area yang tidak boleh terlewat. Apalagi bayi banyak digendong oleh banyak orang. Caranya posisikan bayi di atas kasur atau alas. Tangan Bunda digerakkan turun naik diawali dari atas punggungnya lalu ke pantatnya. Setelah itu pijat seperti pola lingkaran di sepanjang tulang punggungnya. Gerakkan jari Bunda seperti menggaruk punggung bayi ke arah bawah.

Pijat Kaki Bayi

pijat-kaki-bayi
Pijat Kaki Bayi

Bayi juga sering mengalami pegal di daerah kaki. Bunda awali dengan memegang kedua kaki bayi pijatlah dengan gerakan ke atas dan bawah dari jari-jari kakinya hingga ke pinggul . Lakukan secara berulang.
Telapak kaki juga harus dipijat dan tarik jari-jarinya. Bunda tekan sedikit bagian bawah kakinya diawali dari tumit hingga ujung kaki dan pijat. Jangan lupa pijat pergelangan kaki dengan gerakan melingkar.

Kesimpulan

cara-memijat-bayi-kembung
cara memijat bayi kembung

Cara memijat bayi memang tidak bisa sembarangan. Ada baiknya bunda mempelajari dahulu teknik memijat bayi yang benar dari membaca artikel atau menonton youtube misalnya.
Atau bisa juga dengan meminta tolong kepada ahli pijit bayi yang biasa dipanggil ke rumah.

Jika salah dalam gerakan massage bayi, akan berakibat fatal.
Pijat bayi pun banyak manfaatnya bagi kesehatan seperti melancarkan pencernaan, mengurangi perut kembung dan membuat bayi rileks hingga bisa tidur nyenyak.

Jadi jangan ragu untuk memijit bayi Bunda ya,tentu saja dengan cara yang benar pastinya.
Selamat mencoba di rumah!

Baca juga daftar perlengkapan bayi baru lahir yang biasa diperlukan bayi sehari-hari.

Bagikan
, , , , , , , , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *