Yuvenil

4 Cara Agar Bayi Cerdas dan Aktif, Yuk Praktekkan di Rumah

Tahukah Bunda bahwa sebenarnya Bunda bisa membuat bayi menjadi lebih pintar sejak dini? Ada beberapa cara agar bayi cerdas dan aktif yang terbukti efektif dalam membuat bayi menjadi lebih pintar. Bahkan sebelum bergabung dalam program pendidikan formal seperti pendidikan anak usia dini, playground, taman kanak-kanak, dan lain sebagainya.

agar-bayi-cerdas-dan-aktif

Berikut beberapa cara agar bayi cerdas dan aktif yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah

Tips Agar Anak Cerdas

1. Nyanyikan Lagu Untuk Bayi Bunda

Tips agar bayi cerdas dan aktif adalah dengan menyanyikan lagu untuknya atau menyetel musik untuknya setiap hari. Tentu saja, sangat disarankan untuk Bunda memilih lagu-lagu yang tidak terlalu keras sehingga bayi bisa nyaman mendengarkannya.

Riset membuktikan bahwa hal ini sebenarnya bisa membantu anak kelak dalam belajar matematika. Faktor penunjang utamanya adalah rhythm yang ada dalam setiap lagu yang Bunda nyanyikan atau mainkan.

Riset lebih lanjut juga membuktikan bahwa nyanyian lagu bisa membuat bayi bisa lebih peka secara sosial nantinya. Artinya anak Bunda akan bisa bergaul dan berkomunikasi dengan lebih lancar.

2. Buat Bayi Bunda Tertawa Secara Alami

Bunda juga bisa memancing stimulasi bayi dengan membuat bayi tertawa secara alami. Tentu saja bisa dilakukan dengan banyak hal, termasuk menggelitik telapak kakinya, bermain cilukba, dan masih banyak lagi.

Hal-hal simpel semacam ini bisa mengajari anak Bunda untuk meningkatkan selera humornya sehingga kelak dia akan menjadi anak yang ceria. Dan tertawa ternyata bisa membuat peredaran lebih lancar. Tentunya hal ini bisa membuat anak Bunda agar bayi cerdas dan aktif.

Baca juga:  Asi Bertahan Berapa Jam? Ini Penjelasan Lengkapnya

3. ASI Eksklusif

Dibandingkan dengan susu formula, ASI eksklusif mempunyai manfaat yang jauh lebih besar. Ini tidak hanya karena Bunda akan bisa menghemat banyak uang karena tidak perlu membeli susu formula, bayi yang meminum ASI sampai usia yang sudah disarankan cenderung mempunyai IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang hanya meminum susu formula.

Dengan kata lain, agar bayi cerdas dan aktif Bunda bisa memberikan ASI. Bagaimana bisa demikian? Ternyata kandungan dalam ASI ini tidak bisa dikalahkan oleh susu formula manapun.

Memang secara kandungan kimiawi mungkin bisa dibuat mirip atau bahkan sama. Namun, ada hal-hal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah termasuk bagaimana pemberian ASI bisa membuat hubungan Bunda dan si bayi bisa lebih intim lagi.

4. Belajar Berhitung

Satu cara lagi yang tidak boleh dilupakan adalah belajar berhitung sejak dini. Karena anak Bunda masih bayi, Bunda bisa mengajarkan hal ini dengan hal-hal simpel seperti selalu menyebutkan angka-angka di setiap langkah saat Bunda mengajarianak Bunda berjalan atau menghitung sepuluh jari-jari kecil balita Bunda.

Stimulasi Bayi dengan Tertawa

Agar bayi cerdas dan aktif, lakukanlah kegiatan tertawa bersama si Kecil. Amat menyenangkan saat mendengar tawa renyah bayi, bukan? Selain dia yang merasakan banyak manfaat dari tertawa, orang di sekitarnya pun akan merasakan bahagia.

Tertawa akan membuat hubungan ibu dan bayi semakin dekat. Selain hubungan emosional tersebut, ternyata bayi dapat mendapatkan manfaat lainnya.

Percaya atau tidak, bayi mampu tertawa, tersenyum sebanyak 400 kali dalam sehari. Jika ingin merangsang tawanya, cobalah ibu membuat permainan wajah, menggelitik bayi atau bermain cilukba.Libatkan emosi agar bayi bisa merasakan kedekatan lebih dan ia akan tertawa senang sepenuh hati.

Baca juga:  Yuk Ajarkan Cara Menggosok Gigi yang Benar pada Anak !

Manfaat lain stimulasi bayi ini selain sisi emosionalnya yang positif, ternyata bayi yang tertawa itu sama saja melakukan olahraga seperti jogging. Tawanya selama 1 menit sama dengan olahraga selama 20 menit.

Tertawa juga bisa mengurangi rasa sakit. Waw, kok bisa? Iya, karena saat tertawa terbahak-bahak, keras dan lama, otak akan melepaskan senyawa kimia yang disebut endorfin. Senyawa inilah yang menyebabkan berkurangnya rasa sakit

Bayi yang tertawa terbahak-bahak, bisa dipastikan sistem imunnya lebih kebal dalam menghadang penyakit yang masuk dalam tubuhnya. Karena saat tertawa, dalam tubuh si kecil akan memproduksi sel-sel limfosit yang bertindak sebagai pembunuh stres alami yang juga dapat melumpuhkan banyak penyakit.

Terakhir, bayi yang tertawa cukup dalam seharinya, akan tidur dengan nyenyak. Karena, saat tertawa otot-otot tubuhnya menjadi rileks. Nah, bunda bisa mencobanya tatkala bersama dengan si kecil di rumah. Sempatkan waktu secara intens untuk memantau perkembangannya.

Kesimpulan

Setiap orang tua pasti ingin bayinya pintar. Oleh karena itu cara agar bayi cerdas dan aktif pasti dilakukan. Ada 4 cara bayi menjadi pintar salah satunya dengan tertawa.
Tertawa menjadi salah satu cara melatih stimulasi bayi. Lakukanlah bersama bayi Bunda setiap hari. Selain bagus untuk kesehatan bayi, tertawa juga membuat Bunda lebih bahagia.

Baca juga daftar perlengkapan bayi lengkap untuk Bunda agar tidak ada yang terlewat.

Yuk praktekkan langkah-langkahnya agar bayi cerdas dan aktif!

Bagikan
, , ,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.